Beranda Kampung Hukrim 183 Casis Asal Konawe Masuki Tahapan Seleksi

183 Casis Asal Konawe Masuki Tahapan Seleksi

282
Casis Konawe

Kampung Konawe
Unaaha, – 183 peserta tes Calon Siswa (Casis) anggota Polri asal Kabupaten Konawe dinyatakan lulus berkas dan akan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya di Polda Sultra. Jumlah itu terdiri atas Akpol 3 orang, Tamtama 34 orang dan Bintara 183 orang masing-masing 131 Polki dan 15 Polwan.

Hal itu dikatakan Kapolres Konawe, AKBP Jemi Junaidi usai memberikan pembekalan di lapangan upacara Mapolres, Sabtu (15/4). “Ada tiga peserta saja yang tidak lulus berkas. Itu dari calon peserta dari Tamtama,” ujarnya.

Dikatakan, bagi para peserta yang lulus itu telah mengikuti seleksi berkas yang diferivikasi langsung dari tim eksternal yakni Dinas Pendidikan dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Capil) berkaitan dengan keabsahan dokumen kependudukan dan ijazah peserta.

Ia berharap, setelah berkas dikirim tidak ada lagi kendala. Dan para peserta tersebut bisa langsung mengikuti tahapan tes selanjutnya yang bakal digelar Mako Polda Sultra sesuai dengan jenjang akademik yang dipilih seperti Akpol, Brigadir maupun
Tamtama.

Ia mengaku optimis bahwa para peserta utusan dari Poles Konawe ini bisa mengikuti tes dengan tekun dan penuh tanggungjawab serta mendapatkan nilai yang maksimal.

Pasalnya di tahun ini, pendaftaran khusus di Polres Konawe sedikit berbeda yakni pantia Pabanrim kiat membina casis dengan waktu yang telah di jadwalkan.

Bimbingan yang dimaksud melatih di bidang kesamaptaan (fisik dan mental). Tujuannya supaya para peserta bisa melakukan gerakan yang benar saat ujian nanti. Baik Polki maupun Polwan.

“Karena setiap tahun Konawe ini minim sekali yang lulus. Dan hampir sebagiannya jatuh di ujian ini,” katanya.

Dikesempatan itu pula, ia mengimbau supaya saat di Polda nanti para peserta khususnya dari Konawe giat melakukan latihan. Dan mengikuti petunjuk jadwal tes. Jangan ada, tambah ia, yang ketinggalan satu pun tahapan tes.

Untuk diketahui seleksi penerimaan Polri dilaksanakan sebulan terkahir lalu (14 Maret-15 April 2016) oleh Panitia Pembantu Penerimaan (Pabanrim) secara terpadu dan melibatkan tim dari eksternal.

Berjumlah 142 anggota yang bakal diterima se-Sultra. Yakni 133 polisi pria dan 9 polwan. Kualifikasinya 5 Akpol, 8 Tamtama dan 127 Bintara. (KS/Red)