Beranda Kampung Politik 329 PPL Panwaslu Konawe Resmi Dilantik

329 PPL Panwaslu Konawe Resmi Dilantik

393
Pengambilan Sumpah pada pelantikan Pengawas Pemilu Lapangan oleh Ketua Panwaslu Konawe, Sabda
Pengambilan Sumpah pada pelantikan Pengawas Pemilu Lapangan oleh Ketua Panwaslu Konawe, Sabda

Kampung Konawe
Unaaha, – Sebanyak 329 Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) kelurahan/desa Se-Kabupaten Konawe dilantik, Kamis (18/1/2018) di Hotel Grand Nugraha. Mereka dilantik bertugas mengawasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Konawe Tahun 2018.

Dari total 354 desa/kelurahan di Kabupaten Konawe itu, jumlah PPL yang dilantik memang tak seluruhnya. Hal ini disebabkan adanya beberapa desa yang status pengawasannya masih berada di desa induk. Selain itu, alasan teknis lainnya pun turut mendasari jumlah PPL yang tak sesuai dengan jumlah desa/kelurahan.

Pengambilan sumpah Pengawas Pemilu Lapangan
Pengambilan sumpah Pengawas Pemilu Lapangan

Pelantikan sekaligus pengambilan sumpah tersebut dilaksanakan langsung oleh Ketua Panwaslu Konawe, Sabda. Dalam Sambutannya, ia berharap para PPL yang telah dilantik bisa melaksanakan tanggung jawabnya. Selain itu, Konawe menjadi daerah yang bertepatan melaksanakan dua pemilihan sekaligus yakni Pilgub dan Pilbup.

“Harapan kami pengawas desa/kelurahan harus memahami betul tugas fungsi
dan tanggung jawabnya. Selain itu kami harapkan PPL kerja yang lebih baik. Perbanyak pemahaman dengan perbanyak baca aturan dan undang-undang.” kata Sabda.

Sabda mengungkapkan, dalam waktu dekat akan banyak tugas yang menanti. Antara lain, tugas pengawasan pencocokan dari hasil penelitian terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT), verifikasi faktual calon perseorangan di Pilbup Konawe, verifikasi faktual Partai Politik (Parpol) dan tugas-tugas lainnya.

Pelantikan ini kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek). Bimtek ini sendiri akan dipimpin langsung Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu. (KS/Wisan)