Beranda Ragam Air Panas Wawolesea, Objek Wisata Yang Diserbu Warga Libur Lebaran

Air Panas Wawolesea, Objek Wisata Yang Diserbu Warga Libur Lebaran

360

Dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit

Kampung Konut
Wanggudu, – Objek wisata permandian air panas yang terletak di Desa Wawolesea, Kecamatan Lasolo Kabupaten Konawe Utara (Konut) tampak dibanjiri pengunjung pada pekan terakhir hari libur lebaran.

Selain lokasi yang mudah diakses menggunakan kendaraan roda dua maupun empat, wisata permandian air panas ini juga menawarkan panorama yang eksotik dengan perpaduan gradasi biru putih di kolam permandian tersebut yang membuat pengunjung semakin betah berada disana.

Struktur kolam yang bertingkat-tingkat yang terbentuk dari susunan lapies karst layaknya system terasering persawahan, turut menambah keindahan alam permandian air panas Wawolesea.

Pada hari-hari libur seperti sekarang ini, jumlah pengunjung yang mendatangi objek wisata ini sangat membludak. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya kendaraan yang terparkir di pintu masuk objek wisata ini yang letaknya tidak terlalu jauh dari jalan poros trans Sulawesi.

Banyak dari mereka yang datang hanya sekedar menikmati keindahan alam sekitar, bahkan ada juga yang datang untuk berendam di kolam air panas yang dipercaya selain sebagai terapi kulit agar terlihat lebih mulus, mandi berendam di dalamnya juga dipercaya sebagian besar pengunjung dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti rematik, gula, hypertensi dan lain sebagainya.

Hal ini disebabkan karena air panas yang keluar ke permukaan akibat aktivitas magma dalam kerak bumi mengandung kadar mineral yang tinggi, sehingga dapat mengencerkan kepadatan mineral yang berguna dalam melancarkan peredaran aliran darah bagi siapapun yang berendam di dalam kolam tersebut.

Objek wisata permandian air panas Wawolesea ini merupakan jenis fumarole. Dimana air yang merembes kedalam kerak bumi dan dipanaskan oleh permukaan bebatuan yang bersinggungan langsung dengan aliran magma dalam perut bumi keluar mencapai permukaan bumi hanya dalam bentuk uap saja sehingga aman untuk para pengunjung.

Namun bentangan alam yang terbentuk secara alami sehingga menciptakan suasana yang asri dan nyaman belumlah cukup untuk memanjakan para pengunjungnya. Hal ini dikarenakan destinasi wisata ini belum dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat.

Ini dapat dilihat dari belum tersedianya fasilitas umum seperti tempat sampah, kamar mandi dan toilet di kawasan wisata tersebut, ehingga banyak dijumpai sampah yang berserakan.

“Seandainnya pemerintah bisa menggaet investor untuk berinvestasi di sini seperti membangun villa atau resort untuk traveler yang ingin berlibur bahkan sampai dibangunnya spa kecantikan pasti Wisata Permandian Air Panas Wawolesea ini semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai penjuru baik domestic maupun luar negeri.” kata salah satu pengunjung, Ridwan. (KS/Boby)