Beranda Lainnya Adventorial Amir, Putra Konawe yang Bersinar di Tanah Papua

Amir, Putra Konawe yang Bersinar di Tanah Papua

1510
Amir, Putra Konawe yang Bersinar di Tanah Papua
Amir, Putra Konawe yang Bersinar di Tanah Papua

KampungSultra.com – Mengadu nasib di daerah lain rupanya punya cerita sendiri, tak melulu sedih. Amir pemuda asal Konawe misalnya, meninggalkan tanah leluhur menuju daerah diujung barat Indonesia, tanah Papua, punya cerita menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Suka duka perjalanannya di tanah Papua memberikan dirinya sejuta pengalaman menarik. Amir mengaku karirnya menanjak semenjak meninggalkan tanah Konawe, menjadi pengusaha di bidang real estate, pengusaha cafe, kuliner dan memiliki beberapa perusahaan lain.

Amir (Baju Kuning) bersama anak yatim dalam penyerahan bantuan
Amir (Baju Kuning) bersama anak yatim dalam penyerahan bantuan

“Cukup berat meninggalkan tanah kelahiran, namun keyakinanan saya cukup kuat bahwa masih ada dunia yang lebih luas di luar sana. Yang jelas niat saya hanya untuk keluarga sebelum meninggalkan tanah Konawe.” tutur Amir.

Di tanah Papua, Amir dikenal sebagai sosok yang berperan penting. Beberapa kali dirinya diberikan apresiasi oleh pemerintah setempat akibat kerja kerasnya dalam membantu pemerintah mengatasi permasalahan masyarakat.

Selama kurun 4 tahun berada di tanah Papua, Amir sudah terlibat banyak dalam memajukan desa-desa di sana, khusunya di wilayah Timika dan Mimika. Berbagai kegiatan kemanusiaanpun turut dilakukannya dengan menggelar penyerahan bantuan pada kalangan-kalangan yang membutuhkan.

Amir bersama warga pedalaman Papua
Amir bersama warga pedalaman Papua

Berkarir di negeri orang tentunya bukan hal mudah buat Amir, sebelum menjadi seperti sekarang, bahkan saat pertama kali Amir menginjakkan kakinya di tanah Papua, dirinya hanyalah sebagai security di salah satu bank swasta.

Di Papua, dirinya terlibat pada beberapa komunitas, ada yang dibawahinya, ada pula yang sebagai pendiri. Tak melulu soal usaha, komunitas pemuda pun turut ada di dalamnya.

Kini, Amir sudah mantap berkarir di Papua, putra asli Konawe asal Tongauna itu sudah memiliki banyak usaha, misalnya usaha kuliner, cafe, real estate dan lain-lain.

Amir Putra Konawe

SEKILAS TENTANG AMIR

Amir lahir di Tongauna, Kabupaten Konawe pada 22 September 1987 merupakan anak 3 dari 8 bersaudara dari pasangan. Semasa muda, Amir lebih banyak menghabiskan waktunya tinggal di Kendari untuk bersekolah dan mencari uang sendiri.

Semasa sekolah Amir memang dikenal biasa-biasa saja dibidang pendidikan, namun dirinya dikenal karena telah terlibat pada beberapa bidang usaha yang memberinya banyak pelajaran.

Amir mendapatkan gelar sarjana pada tahun 2008 di Amik Yapennas Kendari. Di masa kuliah inilah Amir banyak mendapatkan pengalaman, mulai dari kolega hingga jalur-jalur dalam memulai usaha.

Amir, Putra Konawe

Kini Amir melibatkan diri di dunia politik, di bawah panji Partai Perindo, dirinya mencoba peruntungan di dunia politik. Dirinya saat ini menjabat sebagai Ketua Grind Partai Perindo Kabupaten Mimika.

Bermodal aksi sosialnya selama ini, kini dirinya sedang menatap masa depannya untuk menjadi Calon Bupati Kabupaten Mimika tahun 2018 mendatang. Dirinya menjadi satu-satunya anak Konawe yang berani beradu peruntungan di Tanah Papua sebagai Calon Bupati.

Amir lulus Sekolah Dasar (SD) pada tahun 1999 lanjut lulus Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun 2003 lalu lulus Sekolah Menegah Atas (SMA) tahun 2005 hingga lulus Sarjana tahun 2008.

Amir kini tinggal di Kabupaten Mimika bersama sang istri Wiwin Hariyati dengan seorang anak perempuan yang bernama Grind Amelia. Keluarga kecil ini kini hidup bahagia. (**)