Beranda Kampung Sultra Ancaman Alam Menghantui, Pemudik Diminta Waspada

Ancaman Alam Menghantui, Pemudik Diminta Waspada

97

Gelombang Laut dan Dominasi Hujan Masih Tinggi

Ibu Kota
Kendari, – Bagi masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) yang hendak melakukan perjalanan mudik, sebaiknya tetap waspada terhadap cuaca yang sampai saat ini belum bersahabat.

Menurut Kepala Stasiun Badan Metereologi, Kilmatologi, dan Geofisika (BMKG) Sultra, Adi Istyono, untuk beberapa pekan kedepan, potensi hujan sedang hingga lebat masih akan terjadi diseluruh wilayah Sultra.

Masih menghangatnya temperatur dipermukaan laut Banda Sultra mengakibatkan massa udara basah sehingga massa udara yang terbawa, membentuk awan-awan konveksi yang cukup besar dan hujan yang lebih besar diwilayah Sultra.

“Kalau ada yang mau mudik, bagusnya tetap tingkatkan kewaspadaan terhadap cuaca. Untuk satu pekan kedepan wilayah Sultra masih akan diguyur hujan sedang hingga lebat,” terangnya.

Pemudik tetap harus memperhatikan beberapa ancaman, yang bisa terjadi dengan kondisi cuaca yang kurang bersahabat saat ini.

“Jadi pemudik itu harus waspada terhadap bencana tanah longsor, banjir, dan genangan air yang membuat jalan jadi tidak kelihatan,” ungkapnya.

Selain potensi hujan yang masih tinggi, ia juga mengingatkan agar gelombang laut diperairan Sultra, tetap diwaspadai oleh para pemudik yang menggunakan jalur laut. Dari hasil monitoring BMKG Sultra, tinggi gelombang laut Sultra mencapai dua meter hingga tiga meter.

“Hasil monitoring kami, tinggi gelombang laut wilayah Sultra mencapai 2 hingga tiga meter,” paparnya.

Angin timur untuk saat ini, sambung Adi, cukup mendominasi wilayah perairan Sultra. Dengan dominannya angin timur itu potensi gelombang laut sangat besar terjadi diwilayah laut Sultra.

Adi menambahkan, perairan Wakatobi, Perairan Manue Kendari, Bau-bau, dan Laut Banda Timur Sultra masih cukup tinggi gelombang lautnya. Sehingga pemudik disarankan tetap waspada terhadap cuaca yang bisa terjadi kapan saja. (KS/Fd)