Beranda Kampung Sultra BPOM Pastikan Korban Massal di Kendari Pengaruh Obat PCC

BPOM Pastikan Korban Massal di Kendari Pengaruh Obat PCC

129

Ibu Kota
Kendari, – Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kota Kendari memastikan puluhan remaja yang kehilangan kesadaran hingga menelan korban jiwa, murni disebabkan obat PCC yang dikonsumsi secara berlebihan.Hal ini dikatakan, Kepala BPOM kendari, Adila Pababaria, Jumat, (15/9).

Ia menyampaikan, pasca terjadinya keracunan obat massal yang menyebabkan banyaknya korban mendapatkan perawatan intensif disejumlah rumah sakit, pihaknya telah menerima 3 sample bahan yang diperkirakan sebagai bagian dari bahan obat yang menyebabkan keracunan tersebut.

Kepala BPOM kendari, Adila Pabaria

“Bahan ini berupa pil, gel dan juga cairan, dari ketiganya pihak BPOM telah rampung melakukan analisis laboratoriumnya,” ungkap Adila.

“Kami menyimpulkan, pil yang digunakan adalah pcc, karna ditemukan kadar Paracetamol, cafein dan kadar zat berbahaya carisoprodol,” lanjut Adila.

Olehnya pihak keamanan terkait diharapkan dapat menginfeksikan pengawasan untuk pencegahan penyalagunaan obat jenis PCC obat tersebut telah dilarang untuk dikonsumsi.

“Bahan obat ini sejak tahun 2013, telah dilarang penggunaannya. Dan tidak dapat lagi usaha farmasi yang memproduksinya, hingga obat ilegal ini banyak diproduksi oleh pihak yang ingin menggeruk keuntungan semata,” tutup Adila. (KS/Eko)