Beranda Kampung Politik Brigade 08 Konawe Tarik Dukungan dari Pasangan ‘Berlian Murni’

Brigade 08 Konawe Tarik Dukungan dari Pasangan ‘Berlian Murni’

540
Ketua DPC Brigade 08 Konawe, Sunandar Makati bersama sejumlah pengurus saat mendeklarasikan penarikan dukungan dari pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Konawe, H. Litanto - Hj. Murni Tombili

Kampung Konawe
Unaaha, – Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) DPC Brigade 08 Kabupaten Konawe, Jum’at (13/4/2018) menyatakan menarik dukungannya dari pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Konawe H. Litanto dan Hj. Murni Tombili. Penarikan dukungan dari pasangan berakronim ‘Berlian Murni’ itu disaksikan sejumlah pengurus Brigade 08 Konawe di Markas Brigade 08.

“Hari ini Brigade 08 resmi mencabut dukungan kepada pasangan calon nomor urut 2 yaitu H. Litanto da Hj. Murni Tombili. Ini adalah keputusan organisasi dan semua pengurus sudah sepakat untuk menarik dukungan.” kata Ketua Brigade 08 Konawe, Sunandar Makati dalam jumpa persnya.

Sunandar menjelaskan, penarikan dukungan ini telah melalui sejumlah pertimbangan termaksud terkait dukungan DPD Brigade 08 Sultra atas keputusan DPC Konawe. Diakuinya, keputusannya itu mendapat dukungan penuh. Sebab secara kelembagaan DPC punya kebijkan sendiri.

Terkait alasan penarikan dukungan, Sunandar mengungkapkan adanya ketidakpastian posisi Brigade 08 dalam tim kerja pasangan ‘Berlian Murni’. Hal inipun diakuinya menimbulkan kekecewaan baik secara pribadi hingga keorganisasian di tataran pengurus Bvrigade 08. Ia mengungkapkan, selama menyatakan dukungan kepada ‘Berlian Murni’ tak pernah sekalipun mereka
dilibatkan dalam kegiatan apapun oleh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati itu.

“Perlu digaris bawahi bahwa Brigade 08 ini punya wibawah, namun pasca kami mendeklarasikan diri mendukung ‘Berlian Murni’ selama ini tak dilibatkan dalam kegiatan apapun. Padahal kegiatan tim sudah berjalan namun kami diinformasikan pun tidak.” ujarnya.

“Atas kejadian inilah kami menyimpulkan untuk apa mendukung pasangan calon yang secara tatanan organisasi mulai kabupaten, kecamatan hingga desa kelurahan namun kami tidak dihitung.” ujarnya lagi.

Sunandar pun menceritakan, jika dirinya sering menampakkan diri dengan harapan dapat diperhatikan. Namun nyatanya kehadiran mereka beberapa kali untuk membantu tim ‘Berlian Murni’ tak dihiraukan. Bahkan ironisnya, sampai sejauh ini, niatan merangkul Brigade 08 untuk kerja bersama tak diperlihatkan.

“Pada saat deklarisi dukungan kami diberikan jaminan akan menjadi bagian utama dari pasangan ‘Berlian Murni’ dan akan disejajarkan dengan sayap-saya pendukung lainnya ataupun partai namun nyatanya sampai sekarang itu tidak ada.” katanya.

Sunandar pun mengakui, kecewa dengan sikap yang ditampilan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Konawe itu. Komunikasi pun tak ada saat persoalan ini mulai mencuat. Ironisnya menurut dia, sikap bersahabat baru ditampilkan saat arah dukungan akan ditarik.

Kini dengan keluarnya keputusan penarikan diri, seluruh kader Brigade 08 telah membersihkan atribut terkait pasangan ‘Berlian Murni’. Sunandar pun mengatakan, jika hal ini telah disampaikan kepada masyarakat yang selama ini mereka ajak untuk endukung pasangan ‘Berlian Murni’ agar tak lagi mendukung mereka. (red)