Beranda Lainnya Pariwara Bupati Konawe Serahkan Bantuan BSPS Pada 354 Penerima

Bupati Konawe Serahkan Bantuan BSPS Pada 354 Penerima

149

PARIWARA

Dalam rangka upaya pembangunan rumah layak huni dan memberantasan rumah tak layak huni (RTLH). Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) mencanangkan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Melalui itu, Dinas PU Konawe, bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) menggelontorkan Dana BSPS kepada 354 warga yang masuk dalam kategori RTLH.

Pelaksanaan program ini diawali dengan penyerahan buku tabungan pada 354 penerima BSPS. Untuk pembayaran dana BSPS sendiri akan dilakukan melalui Bank Sultra.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa yang menyerahkan langsung bantuan BSPS itu mengucakan terima kasih atas partisipasi dan kerjasama antara pemerintah pusat bersama pemerintah provinsi dan kabupaten, menyediakan program BSPS, sehingga membantu warga daerah lumbung beras mendapatkan rumah layak huni.

“Kenapa cuma 354, sedangkan masih banyak rumah di Konawe?. Ya, itu karena bantuan ini punya kriteria. Nah, semoga kegiatan ini tidak selesai sampai disini, karena tugas bupati hanya untuk mensejahterakan rakyat,” kata Kery.

Mantan Ketua DPRD Konawe itu berharap, tidak ada lagi rumah tak layak huni, dan semua rumah menjadi nyaman. Menurutnya, salah satu ukuran kesuksesan dia sebagai bupati adalah tidak ada lagi rumah tak layak huni.

“Tolong kepada kepala desa, rumah yang belum dapat didata, dan akan kita usahakan lagi selanjutnya. Semoga angka penerima nanti bisa bertambah. Selain itu, kita akan usahakan juga membenahi infrastuktur, jalan, air, layanan kesehatan, dan pendidikannya,” terangnya.

Lanjut dia, untuk bantuan perumahan rakyat ada yang bersumber dari APBN dan APBD, dan kini dia usahakan ada program bedah rumah dalam dana desa untuk tujuh rumah, dan penerimanya harus sesuai kriteria tidak mampu atau penghasilan rendah.

“Sekarang DAU Konawe sebesar 690 miliar, tapi itu belum cukup untuk mengurus kehidupan di Konawe, karena lebih dari setengah dibayarkan unyuk gaji PNS. Jadi, bupati memang harus berfikir cerdas demi kehidupan warganya,” pungkasnya.

Penyerahan buku tabungan itu dilakukan di Aula Ponggawa, Kantor Bupati Konawe, Selasa, (25/7) disaksikan perwakilan Kementerian PU-PR dan dihadiri para penerima dan unsur instansi terkait. (**)