Beranda Kampung Ekonomi Di Konawe, Banyak Nelayan Belum Miliki Kartu Nelayan

Di Konawe, Banyak Nelayan Belum Miliki Kartu Nelayan

434
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Konawe, Mudiyanto
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Konawe, Mudiyanto

Kampung Konawe
Unaaha, РHingga saat ini sebanyak 1.200 lebih nelayan yang berada di Daerah Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) tercatat belum memiliki  Kartu Nelayan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Mudiyanto mengungkapkan, dari data yang dikeluarkan pihaknya, setidaknya Kabupaten Konawe memiliki sekitar 4 ribuan warga yang berprofesi sebagai nelayan.

“Sekarang baru sekitar 2.800-an nelayan sudah memiliki Kartu Nelayan, selebihnya sekitar 1.200-an masih belum punya.” terang Mudiyanto.

Mudiyanto menjelaskan, Kartu Nelayan merupakan program pemerintah pusat. Pendataannya sendiri melalui sistem online melalui basis data Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Lanjut Mudiyanto, soal kegunaannya, pemilik Kartu Nelayan bakal memiliki kemudahan dalam mengakses bantuan-bantuan yang dibagikan, termaksud mendapatkan asuransi khusus nelayan.

“Kartu Nelayan sangat bermanfaat bagi nelayan yang kesehariannya beraktifitas sebagai pencari ikan baik itu nelayan laut maupun nelayan rawa.” ujar Mudiyanto.

Mantan Kadis Nakertrans ini berharap, agar semua nelayan mendaftarkan diri untuk mendapatkan Kartu Nelayan sehingga dapat digunakan dan sebagai salah satu persyaratan mengikuti asuransi nelayan.

“Asuransi ini dipergunakan ketika terjadi kecelakaan di tengah laut maupun nelayan di rawa saat mencari tangkapan ikan.” tutup Mudiyanto. (KS/Arsyam)