Beranda Kampung Politik Diklaim Dua Balon Bupati, Ini Kata Ketua PKB

Diklaim Dua Balon Bupati, Ini Kata Ketua PKB

146

Kampung Konawe
Unaaha, – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Konawe tahun 2018 mulai bergulir. Partai Politik sebagai kendaraan mulai jadi incaran semua Bakal Calon (Balon). Saling klaim dukungan dan koalisi pun mulai terjadi.

Setidaknya hal itu tampak pada Partai Kebangkitan Bangka (PKB) Konawe. Partai yang memiliki dua kursi di DPRD tersebut menjadi incaran kandidat petahana, Kery Saiful Konggoasa (KSK) dan juga kandidat lainnya H. Litanto.

Sebelumnya, tim pemenangan KSK telah mengklaim bahwa kandidatnya bakal diusung tiga partai. Ketiganya adalah PAN, PKB dan Nasdem. Kedekatan KSK dan PKB dapat dilihat dengan dijadikannya Irawaty Umar Tjong sebagai salah satu tim inti dari kandidat petahana. Sebagaimana diketahui, Ira merupakan salah satu kader terbaik milik PKB yang kini menjabat sebagai anggota DPRD Konawe.

Sementara, dari Pihak tim pemenangan Lintanto juga mengklaim bahwa saat ini tengah menjadi komunikasi yang “mesra” dengan PKB. Hal itu dikatakan langsung Ketua DPC PDI Perjuangan Konawe, Rusdianto. Ia menyebut, selain PDIP pihaknya menarget ada tiga sampai empat partai yang akan mengusung Litanto, yang kini menjabat sebagai Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sultra.

“Kami sudah kamunikasi intens bersama tujuh partah. Yang paling dekat saat ini Demokrat dan PKB,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPC PKB Konawe, Mustaring menurutkan, pihaknya hingga saat ini masih membuka pintu untuk semua calon. Katanya, siapa pun punya hak yang sama untuk diusung PKB kedepannya.

“Proses ini masih panjang. Insya Allah Agustus ini kami buka penjaringan. Makanya untuk sementara, semuanya punya peluang yang sama untuk diusung PKB,” jelasnya.

Terkait adanya kader PKB yang kini menjadi tim kerja KSK, Mustaring menganggap hal itu wajar saja. Terlebih kata dia, jika kader yang dimaksud (Irawati Umar Tjong) merupakan satu komisi dengan Ardin yang menjabat sebagai ketua Komisi II DPRD Konawe dan juga ketua tim pemenangan KSK.

“Hal yang seperti ini biasa, karena kebetulan mereka satu komisi. Tapi saya tegaskan, semua kandidat masih punya ruang yang sama,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, PKB Konawe saat ini memiliki dua kursi di DPRD Konawe. Dua legialatornya, yakni Irawati Umar Tjong dan Hj. Nur Ilmi. (KS/Red)