Beranda Ibu Kota Gagal di Kolut, Porprov Bakal Digelar di Kolaka Desember Mendatang

Gagal di Kolut, Porprov Bakal Digelar di Kolaka Desember Mendatang

111
Pekan Olahraga (Porprov) Sultra ke XIII tahun 2018

Ibu Kota
Kendari, – Kabupaten Kolaka akhirnya ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaran Pekan Olahraga (Porprov) Sultra ke XIII tahun 2018, usai Kolaka Utara (Kolut) menyatakan ketidak siapannya menggelar kegiatan rutin Sultra tersebut.

Penunjukan Kolaka tersebut berdasarkan mandat oleh Plh. Gubernur Sultra, Muh. Saleh Lasata. Penetapan Kolaka sebagai tuan rumah Porprov dilaksanakan di kantor Gubernur Sultra, Senin (29/1/18).

Saleh Lasata mengatakan, penetapan Kolaka sebagai tuan rumah Porprov karena sejumlah pertimbangan, salah satunya Kolaka memiliki sejumlah venue olahraga yang hanya butuh sejumlah pembenahan.

Pasca pemberian mandat tuan rumah segala administrasi dan teknis akan dilaksanakan di Kabupaten Kolaka dengan tetap berkoordinasi bersama KONI Sultra.

“Kami berharap usai penetapan ini pemda Kolaka sudah mulai melakukan persiapan baik yang sifatnya administrasi maupun teknis dan tetap berkoordinasi dengan KONI Sultra.” Kata Muh. Saleh Lasata.

Sementara itu Ketua KONI Sultra, Lukman Abunawas mengatakan, konsekuensi dari penetapan Kolaka sebagai tuan rumah berdampak pada diundurnya porprov pada bulan Desember mendatang.

Terkait anggaran yang rencananya akan dihibahkan ke Kolut akan diserahkan ke Kabupaten Kolaka sebagai tuan rumah porprov. Anggaran 10 Miliyar direncanakan segera diberikan.

“Penetapan ini berdampak pada rencana pelaksanaan Porprov yang semula diagendakan pada bulan Oktober diundur hingga bulan Desember tahun 2018 mendatang.” Kata Lukman Abunawas.

Sebelumnya, Kolut sebagai penerima mandat tuan rumah pertama menyatakan ketidaksiapannya akibat minimnya anggaran, yang mengakibatkan mundurnya Kolut sebagai tuan rumah. (KS/Eko)