Beranda Lainnya Kesehatan HUT Konawe, Pemerintah Bakal Bagikan Kartu KSK

HUT Konawe, Pemerintah Bakal Bagikan Kartu KSK

401
Kepala Dinas Kesehatan (Kiri), Aris bersama Bupati Konawe (Kanan) Kery Saiful Konggoasa
Kepala Dinas Kesehatan (Kiri), Aris bersama Bupati Konawe (Kanan) Kery Saiful Konggoasa

Kampung Konawe
Unaaha, – Pada puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Konawe ke 57 pada 3 Maret mendatang, pemerintah melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe bakal memberikan Kartu Sehat Konawe (KSK) pada warga.

Kartu KSK ini merupakan bagian dari Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Konawe yang telah terintegrasi dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Pembagian ini merupakan tahap awal dalam pengenalan program unggulan pemerintah itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe, M. Aris, SKM,M.Kes baru-baru ini mengatakan, Program Kartu Sehat Konawe (KSK) ini akan mulai dilaunching tahun ini, masyarakat yang memiliki kartu ini bisa melakukan pengobatan medis sampai ke Jakarta karena telah terintegritas dari Kartu Indonesia Sehat (KIS).

“Pada ulang tahun Konawe 26 ribu masyarakat tidak mampu yang tidak terkaper di BPJS pusat akan menerima kartu sehat Konawe yang telah terintegrasi dengan KIS. Ini sudah melalui persetujuan Pemerintah daerah dan DPRD Konawe.Jadi dengan kartu itu, kalau ada masyarakat yang berobat ke Jakarta itu menjadi tanggung jawab daerah,” ungkap Aris.

Selain itu, Dinas kesehatan telah membentuk tim cepat penanganan kesehatan kepada penderita gizi buruk, tim ini akan melakukan pemantauan ke semua warga, selain itu informasi masyarakat juga dibutuhkan untuk memberikan informasi karena tim ini bersifat lintas sektoral.

“Kita juga ada program pelacakan gizi buruk, kalau ada laporan kita langsung interpensi dan ini kerjasama lintas sektor,” Ujar Kadis Kesehatan. (KS/Red)