Beranda Ragam Kadis Damkar Konut Dikritik, Sejumlah Honor Tak Kunjung Dibayarkan

Kadis Damkar Konut Dikritik, Sejumlah Honor Tak Kunjung Dibayarkan

148

Kampung Konut
Wanggudu, – Kepemimpinan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Konawe Utara (Konut) dikritik oleh stafnya, yang merupakan salah seorang pejabat PPTK, Usman. Selain Kadis, Bendahara Rutin turut disangkut pautkan atas pengelolaan keuangan yang sembrawut.

Penilaian ini Usman paparkan akibat adanya polemik internal di instansi mereka, khususnya soal transparansi pengelolaan keuangan. Akibatnya, sejumlah honorarium tak kunjung dibayarkan oleh pimpinan mereka.

Usman memberikan contoh, seperti pembayaran honorarium pejabat PPTK, PPK dan pembantu bendahara yang kini belum dibayarkan sejak triwulan pertama. Tak hanya itu, honorarium Pegawai Harian Lepas (PHL) turut tersendat, khususnya untuk pembayaran pada triwulan dua.

Usman membeberkan, jika fungsinya sebagai staf selama setahun kedudukannya belum menerima pembayaran honor sebagai pejabat PPTK. Parahnya, laporan pertanggungjawaban untuk triwula dua telah dimasukkan meski masih terdapat banyak masalah.

“Sampai saat ini saya belum pernah menanda tangani dokumen apapun yang menyangkut belanja barang dan jasa di Dinas Damkar, kalaupun dananya sudah terpakai saya tidak tahu apa-apa jika suatu saat ditanya oleh tim pemeriksa.” kata Usman yang ditemui di ruangannya, Rabu (23/8).

Usman menambahkan, selain pengelolaan keuangan yang amburadul, kedisiplinan pimpinannya itu turut diaorotinya, sebab Damkar baru saja mendapat predikat sebagai instansi paling kotor versi Pemda Konut dalam lomba beberapa waktu lalu.

“Wajar kalau Damkar dianggap lelucon oleh instansi lain, sebab penataan internal saja sudah rusak. Apalagi masalah keuangan yang semestinya menjadi pilar utama.” Ujar Usman. (KS/Boby)