Beranda Kampung Politik Kebut Tahapan, Pencairan Anggaran Pilkada Konawe Dipercepat

Kebut Tahapan, Pencairan Anggaran Pilkada Konawe Dipercepat

117
Ketua KPUD Konawe, Sarmadan
Ketua KPUD Konawe, Sarmadan

Kampung Konawe
Unaaha, – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Konawe tak lama lagi dimulai. Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe hanya tinggal menunggu realisasi penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan pihak pemerintah daerah (Pemda).

Ketua KPUD Konawe, Sarmadan menuturkan, terkait persiapan pelaksanan tahapan Pilkada, pihaknya sudah banyak melakukan rapat koordinasi (Rakor) dengam pihak terkait. Mulai dari Rakor di kementerian hingga Rakor bersama Pemda Konawe.

“Rakor yang terakhir kami lakukan tanggal tiga Juli kemarin. Itu terkait persiapan penandatanganan NPHD,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (06/07).

Menurut Sarmadan, penandatanganan NPHD bakal dilakukan secepatnya. Kalau bukan akhir pekan ini maka akan dilakukan awal pekan depan.

“Kalau bukan Jumat besok (07/07), kemungkinan awal pekan depan. Makanya kami tetap menunggu dari pihak Pemda,” jelasnya.

Terkait angka final jumlah anggaran yang disetujui Pemda Konawe untuk Pilkada, Sarmadan mengaku belum bisa mengeluarkan rilis resminya. Kata dia, nominal resmi akan diumumkan setelah penandatanganan NPHD.

Lalu, adakah sejumlah kegiatan tahapan di KPUD yang molor akibat belum ditandatanganinya NPHD? Sarmadan menjawab jika semuanya bisa dikondisikan. Artinya, akan ada penysuaian jawal sejumlah kegiatan seperti sosialisasi, setelah NPHD diteken.

“Untuk kategori keterlambatan tidak ada, hanya akan ada penyesuaian kegiatan tahapan, seeprti sosialisasi. Seban, anggarannya masuk dalam NPHD yang akan ditandatangani itu,” terangnya.

Terkahir, Sarmadan meyakinkan jika anggaran Pilkada dari Pemda Konawe sudah siap. Kata dia, Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa telah memerintahkan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Konawe, Ferdinan untuk menyiapkan dana tersebut.

“Kalau anggaran insya Allah dari Pemda siap. Tinggal menunggu penandatanganan NPHD saja,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, KPUD Konawe awalnya mengusulkan anggaran hingga Rp17 Milliar untuk penyelenggaraan Pilkada Konawe. Namun setelah dilakukan pengkajian, anggaran tersebut turun menjadi Rp15 Milliar. Dana inilah yang digadang-gadang bakal ditetapkan untuk membiayai Pilkada 2018 mendatang. (KS/Red)