Beranda Kampung Sultra Kehadiran Ketua Satgas DanDes Diwarnai Aksi Walk Out Camat dan Puluhan...

Kehadiran Ketua Satgas DanDes Diwarnai Aksi Walk Out Camat dan Puluhan Kades

218

Kampung Konawe
Unaaha, – Pelaksanaan kegiatan seminar sehari tentang pengelolaan Dana Desa (DanDes) yang dihadiri langsung Ketua Satgas DanDes Indonesia, Irjen Pol (Purn) Bibit Samad Rianto diwarnai dengan aksi Walk Out Camat dan Puluhan Kepala Desa (Kades)

Acara yang diselenggarakan Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Konawe di Aula Kecamatan Puriala itu Rabu, (27/9) tadi secara mendadak gaduh akibat aksi Walk Out 5 Camat yakni Camat Onembute, Camat Lambuya, Camat Uepai, Camat Tongauna dan Camat Tongauna Utara diikuti para Kades dari kecamatan tersebut.

Aksi Walk Out ini dilakukan akibat kecewa dengan pernyataan Camat Puriala, Habibi Tuduan dalam sambutannya yang menyatakan agenda tersebut hanya dihadiri oleh aparat dan warganya meski telah melayangkan undangan pada beberapa Camat dan hal itu menurut dia terbukti dengan tak adanya konfirmasi dari pihak-pihak bersangkutan.

Para Camat dan Kades yang melakukan aksi Walk Out ini merasa kecewa sebab kehadiran mereka tak diakui meski telah berada di tempat, bahkan Camat Puriala dengan terang-terangan menyampaikan pada Ketua Satgas DanDes hanya diikuti 15 Kades padahal kenyataannya hampir hadir seluruhnya dari total undangan.

Akibatnya, acara yang sementara berlangsung menjadi sepi akibat hampir keseluruhan tamu undangan meninggalkan ruangan dan menuju pulang. Meski ada yang cuman meninggalkan ruangan tak banyak juga diantara mereka yang memilih langsung meninggalkan tempat. Meski tak sampai terjadi keributan namun aksi Walk Out ini cukup menarik perhatian warga dan panitia yanh kemudian langsung mendinginkan suasana.

“Kami tidak terima, sebab kehadiran kami di sini resmi melalui undangan dari panitia. Sehingga ungkapan ketidak diakuinya kami sangat mengecewakan dan memalukan bagi kami.” Kata beberapa Camat yang ditemui diluar ruangan usai aksi Walk Out mereka.

Aksi Walk Out ini kemudian ditengahi panitia dari GMPK sebagai penyelenggara. Di akhir acara, kesalahpahaman itu kemudian disampaikan langsung kepada Ketua Satgas DanDes Indonesia, Irjen Pol (Purn) Bibit Samad Rianto. Meski demikian agenda tersebut berjalan dengan khidmat.

Dalam kesempatan itu, Irjen Pol (Purn) Bibit Samad Rianto mengungkapkan kekagumannya dengan partisipasi para Kades dalam mengikuti kegiatan itu dan mengapresiasi kemauan para Kades yang berniat memperdalam pemahaman mereka dalam pengelolaan DanDes sebagaimana tema seminar kali ini. (KS/Red)