Beranda Kampung Sultra Kolam Renang Pemda Konawe Terbengkalai Bertahun-tahun

Kolam Renang Pemda Konawe Terbengkalai Bertahun-tahun

621
Kolam Renang Pemda Konawe awal pembangunan
Kolam Renang Pemda Konawe awal pembangunan

Kampung Konawe
Unaaha, – Pembangunan Kolam Renang oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe, sebagai aset yang mampu mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kini tinggal rencana yang hingga kini belum terwujud.

Kolam yang menelan anggaran miliyan rupiah itu, dibangun sejak tahun 2006 lalu. 11 tahun pendirian sarana olahraga itu hingga kini belum dimaksimalkan, bahkan terbilang mubazir.

Pemda Konawe sebagai pengelola bahkan terkesan membiarkan keadaan ini, bangunan sekitar kolam bahkan masih banyak yang belum dapat digunakan. Kondisi kolahpun kian memprihatinkan.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispora), Ujung Lasandara mengatakan, penanggung jawab proyek tersebut awalnya bukan mereka namun Dinas Pekerjan Umum (PU) yang kemudian dilimpahkan pada mereka pada tahun 2016.

Kolam Renang Pemda Konawe yang kini terbengkalai
Kolam Renang Pemda Konawe yang kini terbengkalai

“Saya usulkan ke Komisi III dengan anggaran Rp 100 juta untuk pembenahan kolam. Tujuannya agar kolamnya terpakai dan bisa menghasilkan PAD.” terang Ujung.

Ujung membeberkan, Dinas PU pernah mengusulkan anggaran Rp 1,5 miliar untuk membenahi kolam. Namun kata dia, itu hanya untuk biaya penimbunan kawasan kolam. Pihaknya pun mengusulkan tidak diteruskan penimbunan. Tetapi diprioritaskan fungsi dari kolam renang tersebut.

Ujung mengungkapkan, rencananya April 2017 perbaikan mulai dilakukan melalui APBD Konawe. Dana yang dipakai bersumber dari APBD Konawe.

Bangunan Kolam Renang yang terletak di jalan Poros Kendari – Kolaka itu, dengan luas sekita 3 hektar kini terlihat sangat kumuh. Kolam yang harusnya terisi air bersih, kini hanya ada air keruh yang mengisi tiap sisi kolam. (KS/Red)