Beranda Lainnya Kesehatan Konawe Keciprat Program Nusantara Sehat Besutan Kemenkes

Konawe Keciprat Program Nusantara Sehat Besutan Kemenkes

185
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe, Mu. Aris
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe, Mu. Aris (zonasultra.com)

Kampung Konawe
Unaaha, – Usai sebelumnya Kabupaten Konawe mendapat jatah tenaga kesehatan Nasional yang ditempatkan di 1 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) tahun 2016 lalu, tahun ini Konawe kembali dapat program serupa namun kali ini jumlahnya menjadi 3 Puskesmas.

Kabupaten Konawe dan Kabupaten Buton Selatan adalah dua Kabupaten dari 17 Kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara yang beruntung mendapatkan bantuan tenaga kesehatan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI) ini.

Dari dua Kabupaten ini, Konawe yang dinilai lebih beruntung. Pasalnya, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan memberikan bantuan berupa program Nusantara Sehat dengan kuota lebih banyak.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Konawe, Muh. Aris mengatakan, program Indonesia Sehat atau Nusantara Sehat ini adalah penempatan tenaga kesehatan dari pusat untuk daerah terpencil.

“Ini program pusat. Ada Indonesia Mengajar dan Indonesia Sehat atau dikenal dengan Nusantara Sehat. Kita sudah dua tahun dapat, tahun 2016 dapat enam tenaga kesehatan yang ditempatkan di puskesmas Latoma.” ungkap Muh. Aris saat ditemui Selasa (16/5) lalu.

Ketiga puskesmas tersebut, kata Muh. Aris, yakni Puskesmas Routa, Puskesmas Asinua dan Puskesmas Laosu. Masing – masing Puskesmas ditempatkan enam tenaga kesehatan dari pusat.

Menurut Aris, untuk mendapatkan bantuan tenaga kesehatan dari pusat ini, pihaknya terlebih dulu melakukan usulan ke pemerintah pusat dalam hal ini ke Kementerian Kesehatan RI.

Kadis Kesehatan Konawe menjelaskan, proses pendaftaran,seleksi dan penempatan tenaga kesehatan ini, pusat yang menentukan dan itu secara online. Bahkan sistem pengganjian mereka pun itu langsung ditransfer ke rekening masing – masing tenaga Nusantara Sehat oleh pemerintah pusat.

”Saya bersyukur, dibanding kabupaten lain, yang mengusul tidak dapat sama sekali. Kabupaten Buton Selatan saja hanya dapat satu puskesmas.” jelas Muh. Aris. (KS/Red)