Beranda Kampung Ekonomi Konawe Kini Punya Pengolahan Pupuk Sendiri

Konawe Kini Punya Pengolahan Pupuk Sendiri

574
Sekda Konawe Bersama Kepala BI Sultra
Sekda Konawe, Ridwan Lamaroa Bersama Kepala BI Sultra, Minot Purwahono

Kampung Konawe
Unaaha, – Kabupaten Konawe akhirnya memiliki tempat pengolahan pupuk organik sendiri melalui kerjasama dengan Bank Indonesia (BI) Cabang Sultra. Tempat pengolahan ini diresmikan langsung Kepala Kantor Perwakilan BI Sultra, Minot Purwahono dan Sekertaris Daerah (Sekda) Konawe, Ridwan Lamaroa, di Desa Wowa Nario, Kecamatan Anggotoa, Selasa, (14/3) tadi.

Dalam Sambutannya, Minot menuturkan, dalam jenjang tiga tahun terakhir yakni 2014 – 2017 BI terlibat langsung mengembangkan pilot projek ketahanan pangan di tiga desa di Kabupaten Konawe, yakni Desa Langgomea, Kecamatan Uepai, Desa Wowa Solo, Kecamatan Wonggeduku dan Desa Wowa Nario, Kecamatan Anggotoa.

Program ketahanan pangan tersebut menglingkupi program pembinaan terhadap gabungan kelompok tani (Gapoktan) di tiga desa tersebut. Selain itu, BI juga membantu terbentuknya koperasi dan rumah pengolahan pupuk organik di daerah binaan desa.

Penandatangan Prasasti Tempat Pengolahan Pupuk Organik
Penandatangan Prasasti Tempat Pengolahan Pupuk Organik

Baca Juga :
Konawe Bakal Miliki Pasokan Listrik Terbesar di Indonesia Timur
Konawe Bakal Banyak “Stok” Janda dan Duda Tahun Ini

“Hari ini kami hadir dalam rangka meresmikan rumah pengolahan pupuk organik dan sekretariat Gapoktan. Kami juga melaunching produk pakan olahan dengan merk Momina dan produk pupuk organik dengan merek Morome,” kata Minot.

Petani Konawe umumnya terkendala tiga hambatan untuk mengembangkan hasil taninya. Hingga kini para petani masih terkendala keahlian atau pengetahuan sistem pengolahan hasil tani. Kemudian keterbatasan pendanaan dalam memulai usaha, juga masih dirasakan. Termasuk memasarkan hasil pertanian yang dinilai kurang menguntungkan.

“Kehadiran BI dalam memberikan bantuan pendanaan dan pembinaan di beberapa desa itu sangat membantu. Kami berharap perhatian BI kepada Konawe tidak hanya berakhir tahun 2017. Kalau bisa terus berkelanjutan,” tandas Sekda Konawe, Ridwan Lamaroa. (KS/Red)

Pemotongan pita rumah pengolahan pupuk organik
Pemotongan pita rumah pengolahan pupuk organik