Beranda Lainnya Pariwara Konawe Raih Adipura Kedua Kalinya, Kery : Ini Kerja Keras Semua Pihak

Konawe Raih Adipura Kedua Kalinya, Kery : Ini Kerja Keras Semua Pihak

35
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, bersama Wakilnya, Parinringi saat mengarak Piala Adipura
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, bersama Wakilnya, Parinringi saat mengarak Piala Adipura (Foto/Redaksi)

PARIWARA

Pasangan Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dan Wakilnya, Parinringi, SE kembali mempersembahkan Piala Adipura kedua untuk masyarakat Kabupaten Konawe. Piala itu sendiri menjadi bukti atas hasil pencapaian Bupati dan Wakil Bupati Konawe dalam memimpin Konawe khususnya dalam pemeliharan lingkungan.

Bupati Konawe sendiri mengungkapkan rasa bangganya dengan kembalinya menyabet Piala Adipura kategori Kota Kecil itu. Sebelumnya, Pemda Konawe telah meraih Piala Adipura Buana dengan kategori yang sama. Hasil ini merupakan implementasi Pemda bersama seluruh elemen masyarakat untuk menjadikan Konawe lebih baik.

“Ini adalah kerja keras kita bersama, baik Bupati, Wakil Bupati, Jajaran Pemerintah, Masyarakat dan Tim Kebersihan dalam menjaga kota Unaaha menjadi kota yang indah, bersih dan kota layak huni.” kata Kery dalam sambutannya dihadapan masyarakat dan seluruh jajaran Pemda Kabupaten Konawe di Halaman Kantor Bupati.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dan Trofi Adipura
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dan Trofi Adipura

Senada dengan Bupati, Wakil Bupati Konawe, Parinringi, SE mengatakan bahwa keberhasilan Pemda Konawe meraih piala Adipura dua tahun berturut- turut itu tidak lepas dari kerja keras dari pasukan kuning atau petugas kebersihan. Kata dia, ratusan petugas kebersihan yang berada di lingkup Dinas Lingkungan Hidup tersebut terus bekerja tanpa kenal lelah,

“Mereka setelah shalat subuh sudah ada di jalan membersihkan. Begitu juga sore harinya. Ini yang perlu dipikirkan kesejahteraannya oleh pemerintah daerah kedepan,” ujarnya.

Raihan Adipura Kirana Jadi Target Pemda Konawe

Prestasi Adipura menjadi hal yang membanggakan Pemerintah Daerah (Pemda) dan warga Konawe. Sebab, merupakan penghargaan yang langsung diberikan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup.

Sejak terbentuk sebagai Kabupaten Defenitif, Konawe sudah tiga kali meraih penghargaan Adipura. Adipura pertama diraih 24 tahun silam. Kedua dan ketiga diraih berturut-turut pada tahun 2016 dan 2017.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa menuturkan, Adipura diraih dua kali dalam masa pemerintahannya bukan tanpa sebab. Ia mengungkapkan bagaimana kerasnya upaya dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan warga Konawe dalam menata dan menjaga kebersihan Kota Unaaha.

“Subuh-subuh pegawai DLH sudah ada yang turun menyapu. Siang juga seperti itu. Bahkan sore sampai malam,” ujar Kery saat membawakan sambutannya di tribun sekretariat daerah, Kamis (03/08/2017). Dua Tropi Adipura Milik KonaweDua Tropi Adipura Milik Konawe.

Menurut Kery, raihan atas penghargaan tersebut akan membuat pemerintah pusat semakin percaya dengan Pemda Konawe. Kata dia, itu sudah terbukti dengan banyaknya program nasional yang masuk di Konawe.

“Kita di Konawe patut bersyukur, karena sangat bersar kepercayaan pemerintah pusat kepada kita. Makanya kepercayaan itulah yang kita jaga dengan tetap menorehkan prestasi seperti Adipura,” terangnya.

Kery juga mengungkapkan, pihaknya akan menarget bisa meraih Adipura Kirana di tahun mendatang. Selama dua tahun belakangan, trofi Adipura yang diraih baru sebatas Adipura Buana yang mengukuhkan Konawe sebagai kota layak huni. Sementara untuk Adipura kirana, penilaiannya akan lebih pada sisi meningkatnya ekonomi masyarakat.

“Kedepannya kita akan terget mendapatkan Adipura Kirana,” tegas Kery.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Bupati Konawe, Parinringi. Ia mengungkapkan, dari lebih 500 kabupaten/kota yang ada di Indonesia hanya 101 saja yang mendapatkan penghargaan Adipura. Konawe menjadi salah satu peraih di dalamnya pada kategori kota kecil.

Atas capaian yang membanggakan itu, Parinringi mengucapkan terimakasih kepada pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Konawe. Kerja keras yang telah dua kali membuahkan hasil itu kata Parinringi perlu diapresiasi. Khususnya, dalam meningkatkan insentif yang diberikan kepada para pekerja.

“Kita berharap kedepannya akan ada kebijakan dari pemerintah tentang peningkatan honor para pegawai keberisihan kita,” pungkasnya.

Sebagaiman diketahui, dari 17 Kabupaten / Kota yang ada di wilayah Sultra, hanya lima Kabupaten Kota yang mendapatkan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup itu. Kelima daerah tersebut yakni Kabupaten Konawe, Bombana, Kolaka Utara, Kota Kendari dan Kota Bau-Bau.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa

Piala Adipura Disambut Meriah Warga Konawe

Kedatangan rombongan Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK) bersama Wakilnya, Parinringi dan jajaran Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe yang membawa trofi Adipura disambut antusias ratusan warga, Kamis, (03/8) tadi.

Rombongan Bupati ini tiba Bandar Udara Haluoleo sekitar pukul 10.00 Wita. Dalam rombongan itu selain ada pula Ketua DPRD Kabupaten Konawe, Gusli Topan Sabara yang sebelumnya melakukan penyambutan.

Sambutan masyarakat atas iring-iringan mobil pembawa trofi mulai tampak saat rombongan memasuki wilayah Konawe di Kelurahan Abeli Sawa Kecamatan Anggalomoare (perbatasan Kendari-Konawe). Beberapa tampak berada di samping badan jalan sambil melambaikan tangan.

Memasuki Kota Unaaha, Kery dan Parinringi bersama rombongan lainnya menaiki mobil truk bak terbuka. Keduanya berdiri memegangi dua tropi Adipura. Sesekali mereka melambaikan tangan kepada warga yang menyoraki di pinggir jalan.

Rombongan arak-arakan Piala Adipura saat tiba di Kantor Bupati
Rombongan arak-arakan Piala Adipura saat tiba di Kantor Bupati Konawe (Foto/Redaksi)

Dalam orasinya, Kery mengucapkan rasa terima kasihnya kepada warga Konawe atas pencapaian tersebut. Menurutnya, Adipura kedua yang diraih di masa kepemimpinannya itu adalah buah kerja keras dari masyarakat dan pemerintah.

“Ini adalah kerja keras kita bersama dalam menjaga kota Unaaha menjadi kota yang indah, bersih dan kota layak huni,” teriak Kery.

Rombongan Bupati tiba di kantor Sekretariat Daerah sekitar pukul 13.30 Wita. Di tempat itu rombongan disambut oleh Kapolres. (**)