Beranda Lainnya Kesehatan Konawe Sehat Bebas Penyakit Melalui Germas

Konawe Sehat Bebas Penyakit Melalui Germas

115
Anggota Komisi IX, Hj. Tina Nur Alam saat memberikan sambutannya di acara sosialisasi program Germas, di Kabupaten Konawe, Kamis, (22/6).

Kampung Konawe
Unaaha, – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe dalam mensukseskan Konawe Sehat, Kamis, (22/6) melakukan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan di Hotel Arisandi.

Dalam sosialisasi itu, hadir Bupati Konawe yang diwakili Sekertaris Daerah (Sekda), Ridwan Lamaroa, Anggota Komisi IX DPR RI sekaligus istri Gubernur Sultra, Hj. Tina Nur Alam, Ketua PPNI Konawe, Vince Sonaru, Dinas Kesehatan Provinsi Sultra, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Konawe, Muh. Akbar dan Kepala BPJS Sultra.

Bupati Konawe dalam sambutannya mengatakan, mendukung program besutan Kemenkes tersebut. Apalagi Konawe punya program kesehatan. Diharapkan program ini mampu bersinergi dalam pelaksanaannya masing-masing.

Ridwan menjelaskan, pelaksana Program Germas ini bertujuan untuk menurunkan beban penyakit, menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.

“Aktivitasnya cukup sederhana, seperti melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban.” Kata Ridwan.

Sosialisasi ini diharapkan Ridwan mampu mendapat dukungan dari seluruh elemen, untuk itu dalam sosialisasi ini melibatkan beberapa unsur seperti lembaga pemerintahan, swasta, penggiat kesehatan dan masyarakat Konawe secara utuh sendiri tentunya.

Diakhir, Ridwan menjelaskan, bahwa profram ini merupakan program nasional sesuai Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang diterbitkan dalam rangka mempercepatdan mensinergikan tindakan dari upaya promotif dan preventif hidup sehat guna meningkatkan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit. (KS/Red)