Beranda Ragam Masuknya investor Korsel, Dinakertrans Konut Siap Gelar Pembekalan dan Pelatihan Bagi Tenaga...

Masuknya investor Korsel, Dinakertrans Konut Siap Gelar Pembekalan dan Pelatihan Bagi Tenaga Kerja

99
Kabid Penempatan dan Pelatihan Tenaga Kerja, Dinakertrans Konut, Syamsul

Kampung Konut,
Wanggudu, – Salah satu Program Pemerintah Pusat dan Daerah dalam mengurangi angka pengangguran khususnya di Kabupaten Konawe Utara (Konut) Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Dinakertrans) Konut akan menggelar beberapa seminar dan pelatihan padat karya dalam upaya peningkatan kualifikasi dan keahlian khusus bagi para calon tenaga kerja.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Penempatan dan Pelatihan Tenaga Kerja, Syamsul saat ditemui awak media di ruangannya hari ini, Selasa (29/8). Ia mengatakan dengan masuknya investor asal korea selatan (Korsel)  untuk membangun pabrik smelter di Konut, tentunya akan menyerap tenaga kerja lokal secara massif yang memiliki keahlian khusus serta berkompeten dalam bidang industri dan kostruksi.

Dikatakan, namun kendala yang dihadapi saat ini yang menyebabkan minimnya partisipasi calon tenaga kerja lokal dalam meramaikan bursa tenaga kerja yang tengah booming di bidang industri feronicle adalah keterbatasan skill dan kuallifikasi yang dimiliki oleh para pencari kerja itu sendiri.

“Salah satunya kemampuan berbahasa asing serta memiliki sertifikat K3 (Safety) yang menjadi salah satu persyaratan wajib dalam perekrutan oleh perusahaan-perusahaan tertentu,” Kata Syamsul.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Syamsul menjelaskan pihak Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja akan menggelar beberapa pelatihan dan pembekalan bagi calon tenaga kerja diantaranya, Pelatihan Bahasa Asing khususnya bahasa Korea,Pelatihan operator alat berat, teknik pengelasan serta sertifikasi K3 bagi para pencari kerja.

“Kami sudah menyusun kegiatan ini dalam RKA untuk mengantisipasi penerimaan tenaga kerja dengan kualifikasi dan keahlian khusus sehingga para pencari kerja lokal dapat di akomodir oleh perusahaan yang membutuhkan,” Jelasnya.

Syamsul juga menambahkan bahwa pihaknya akan melakukan sosialisasi program pembekalan dan pelatihan ini ke tiap tiap kecamatan dan pihak kecamatan akan mengutus 2 orang perwakilan untuk mengikuti kegiatan pelatihan tersebut.

“Mudah-mudahan bisa disetujui dalam pembahasan perubahan anggaran tahun ini insya Allah kita akan segera lakukan kegiatan pembekalan dan pelatihan sesegera mungkin” Tutup Syamsul. (Ks/Boby)