Beranda Kampung Pendidikan Melalui DanDes, Tiap Desa Wajib Dirikan PAUD

Melalui DanDes, Tiap Desa Wajib Dirikan PAUD

87
Suryadi

Kampung Konawe

Unaaha, – Terkait pendirian kelompok belajar sejenis Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konawe, melalui Bidang PAUD mewajibkan tiap desa yang belum memiliki PAUD agar segera mendirikannya.

Aturan sesuai dengan sinergitas penggunaan Dana Desa (DanDes) dalam pengembangan pendidikan sebagaiman diungkapkan Kepala Bidang PAUD Dikbud Konawe, Suryadi. Aturan ini sifatnya wajib bagi tiap kepala desa.

“Ada aturan yang mengikat bahwa untuk masuk usia sekolah minimal 6 tahun, sehingga dalam masa itu anak harus punya kelompok belajar atau sejenis yang wajib disediakan oleh pemerintah desa.” Kata Suryadi yang ditemui beberapa waktu lalu.

Soal mekanisme, Suryadi mengatakan, jika pendirian PAUD dilakukan melalui perserujuan masyarakat maupun pemdes dan status PAUD harusnya menjadi milik desa bukan kepemilikan kepala desa.

“Kewajiban desa itu mendirikan PAUD, soal SDM kami yang akan sediakan. Masalah kesejahteraan kita juga akan tanggung melalui dana BOP, sekaligus melalui DanDes.” Ujar Suryadi yang juga Ketua PGRI Kabupaten Konawe.

Suryadi mengungkapkan, sampai saat ini tercatat ada empat TK Negeri dan ratusan kelompok bermain. Namun kendati demikian, peranan desa harus mampu dimaksimalkan. (KS/Red)