Beranda Kampung Pendidikan Melalui KKN, Mahasiswa USN Kolaka Mengabdi di Desa Lahotutu

Melalui KKN, Mahasiswa USN Kolaka Mengabdi di Desa Lahotutu

211
Mahasiswa USN Kolaka saat mengadakan pertemuan dengan para kelompok tani di Desa Lahotutu

Kampung Konawe
Unaaha, – Sebanyak 11 Mahasiswa Universitas Sembilan Belas Nopember (USN) Kabupaten Kolaka melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Lahotutu Kecamatan Wonggeduku Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Mahasiswa USN saat menggelar proses belajar mengajar terhadap anak-anak

Selama 40 hari Mahasiswa angkatan 2014 ini mencoba mengabdi  dan  membantu Pemerintah Desa dalam mengembangkan Potensi salah satunya, dengan melakukan kegiatan baik fisik maupun non fisik dengan melibatkan aparat desa, anggota karang taruna dan anak-anak.

Sekdes Lahotutu, Arisman, SE saat melakukan pertemuan dengan mahasiswa USN di Kantor Desa

Kegiatan tersebut diantaranya melaksanakan seminar aplikasi desa, mengadakan pertemuan kelompok tani, membuat batas desa, observasi kegiatan belajar mengajar di tingkat Sekolah Dasar (SD), dan berbagai macam kegiatan olahraga lainnya yang dilaksanakan selama merayakan HUT RI ke-72.

Mahasiswa USN saat melaksanakan seminar aplikasi desayang diikuti oleh para aparat Desa

Selaku Koordinator Desa (Kordes) Mahasiswa USN, Muh Yusrik mengatakan, program kerja yang diadakan mahasiswa ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat diberbagai aktivitas kesehariannya. Sehingga apa yang di contohkan mahasiswa masyarakat bisa menjadikan pengalaman dalam bekerja.

Foto bersama antara Mahasiswa USN dan Aparat Kecamatan dan Desa usai upacara 17 Agustus

“Semoga ini bisa memberikan mamfaat pengetahuan dan pengalaman terhadap warga. Selain mengikuti kegiatan di desa dan belajar dari masyarakat, kami juga mencoba berbagi pengalaman sebagai pendidik,” kata Yusril

Mahasiswa USN bersama masyarakat saat membuat batas Desa

Sementara Sekertaris Desa (Sekdes) Lahotutu, Arisman Babank, S,Sos mengungkapkan Pemerintah Desa maupun masyarakat sangat mengapresiasi KKN yang dilaksanakan USN Kolaka. Menurutnya dengan kegiatan ini masyarakat bisa belajar pengalaman dari mahasiswa.

Kegiatan olahraga yang diselenggarakan oleh Mahasiswa USN bersama panitia karang taruna desa Lahotu

Arisman menuturkan, melalui kegiatan KKN ini mahasiswa diharapkan dapat memberikan pengaruh positif kepada masyarakat desa agar bisa mengembangkan kapasitas diri mereka serta memiliki keinginan untuk bersama- sama memajukan desa.

Kegiatan olah raga bersama masyarakat

“Selaku pendamping masyarakat mahasiswa dapat membantu masyarakat untuk menemukan dan mengenali masalah potensi desa,” ungkap Babank.

Olehnya, Arisman berharap agar masyarakat dapat mengambil pengalaman dan menjadikan contoh dari kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa ini.

Kegiatan bersama anak-anak Desa

“Semoga apa yang dilaksanakan ini bisa memberikan kontribusi dan mamfaat yang besar bagi masyarakat dan Pemerintah Desa sesuai dengan potensi sumber daya lokal yang dimiliki oleh masyarakat,” harap Arisman. (KS/Red)