Beranda Lainnya Sosbud Mengawal Bendera Pusaka RI, Panji Konawe Kembali Berkibar Menuju Istana Negara

Mengawal Bendera Pusaka RI, Panji Konawe Kembali Berkibar Menuju Istana Negara

209
Panji Kerajaan Konawe bakal mengawal Bendera Pusaka Republik Indonesia (RI) menuju Istana Negara menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 RI

Kampung Konawe
Unaaha, – Kembali, Panji Kerajaan Konawe bakal mengawal Bendera Pusaka Republik Indonesia (RI) menuju Istana Negara menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 RI. Panji Konawe ini akan mendapatkan kehormatan berkibar dengan panji-panji kerajaan lain di seluruh Nusantara.

Panji Konawe akan dikibarkan bersama dengan panji lainnya saat mengawal Bendera Pusaka RI menuju Istana Negara. Bersama dengan Bendera Pusaka, Panji Konawe akan diarak menuju istana sambir dikibarkan.

Penjemputan panji Kerajaan Konawe berlangsung di Laika Mbu’u Kecamatan Meluhu, pada Jumat malam (11/08) oleh utusan Kodim 1417 Kendari, yang diwakili oleh Perwira Penghubung, Mayor Inf. Sutejo. Mereka yang turut menyaksikan prosesi itu, antara lain budayawan Konawe sekaligus tokoh adat di Meluhu, Ajemain Suruambo dan H. Dedet Ilnari Yusta selaku Wulele Pondoma atau Pengeran Kerajaan Konawe.

Mayor Inf. Sutejo menuturkan, panji Kerajaan Konawe (Tombi) bersama panji kerajaan lainnya di nusantara bakal mengiringi duplikat bendera pusaka ke istana negara pada tanggal 16 Agustus nanti. Khusus untuk panji Kerajaan Konawe, kahormatan ini sudah dua kali didapatkan, yakni sejak tahun 2016 lalu.

“Di Sulawesi Tenggara, ada dua panji kerajaan yang diikutkan. Satu dari Kerajaan Konawe dan satunya lagi dari Kerajaan Buton,” jelasnya.

Sementara itu, pemegang panji Kerjaraan Konawe pada acara pengiringan nanti akan di wakilkan ke anggota Kodim 1417, sebanyak dua orang. Dalam Sejarah kebudayan Konawe terdahulu, pembawa bendera diberi gelar “Ana Gili Mandobi, Ana Bali Bandera”. (KS/Red)