Beranda Kampung Hukrim Pendidikan Bela Negara, 100 Pelajar Ikut Partisipasi

Pendidikan Bela Negara, 100 Pelajar Ikut Partisipasi

198

Kampung Konawe
Unaaha, – Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Konawe menggelar Pendidikan Pendahuluan Bela Negara yang diikuti 100 pelajar dari SMA sederajat Se-Kota Unaaha di Aula Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga, Rabu (26/4) tadi. Kegiatan ini ditujukan untuk memperkuat karakter kebhinekaan di kalangan pemuda/pemudi,

Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ridwan Lamaroa dalam mengatakan, guna menangani krisis kebangsaan maka harus dilakukan dengan menumbuhkan komiten dan kesadaran bersama warga negara dalam menjaga pilar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Menjaga Ideilogi Pancasila dan memperkuat karakter Bhineka Tunggal I0ka adalah kunci mempertahankan NKRI, termasuk Konawe itu sendiri. Makanya program ini selalu diawali dengan menyiapkan generasi muda dengan bekal bela negara,” kata Ridwan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesbangpol Konawe, Syam Barli menjelaskan, tujuan kegiatan tersebut ialah untuk menumbuhkan wawasan kebangsaan kepada generasi muda. Kata dia, inti dari kegiatan tersebut adalah untuk mengisi kegiatan kemerdekaan.

Kegiatan tersebut lanjut Syam, diikuti 100 siswa/siswa SMA dan SMK yang ada di Kota Unaaha. Jumlahnya dibagi atas 50 siswa dan 50 siswi. Kegiatannya akan berlangsung selama enam hari.

“Kegiatannya sudah mulai dari kemarin (25/04/2017) untuk register. Hari ini pembukaannya. Kegiatan ini akan berlangsung sampai tanggal 30 April,” terangnya.

Selama kegiatan, para siswa akan dibekali dengam berbagai materi ruangan dan luar ruangan. Materi luar ruangan diberikan dalam bentuk kegiatan outbond. Pemateri kegiatan terdiri dari berbagai kalangan. Antara lain dari pihak TNI, Kesbangpol dan pemateri lokal lainnya.

“Kita berharap kegiatan ini bisa memlahirkan pemuda dan pemudi berjiwa pariot, untuk Konawe dan Indonesia yang lebih baik,” harapnya. (KS/Red)