Beranda Lainnya Lipsus Penilaian Desa Tawarolondo Pada Lomba Desa Tingkat Kabupaten Konawe

Penilaian Desa Tawarolondo Pada Lomba Desa Tingkat Kabupaten Konawe

74
Kepala Desa Tawarolondo, Rusniwati saat pemaparan terkait keberhasilan pembangunan desanya.

Desa Tawarolondo, Kecamatan Wonggeduku tahun ini mengikut lomba desa dan kelurahan tingkat Kabupaten Konawe. Lomba ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan pembangunan yang berlangsung di desa dan kelurahan di Kabupaten Konawe.

Melalui lomba ini Pemerintah kabupaten Konawe akan mengetahui perkembangan pembangunan yang dilakukan masing-masing desa dan kelurahan, terutama terhadap usaha pemerintah desa dan kelurahan dalam memajukan dan memberdayakan warganya, salah satunya sejauh mana dukungan untuk kegiatan kemasyarakatan.

Pada penilaian lomba Kepala Desa Tawarolondo, Rusniwati memaparkan pencapaian desanya di depan tim penilai Kabupaten yang dipimpin langsung Kepala Dinas Pemberdatyaan Kabupaten Konawe (DPMD) Konawe, Sulwan Abunawas yang diwakili Kabid Pemdes, La Inda.

Adapun Indikator penilaiannya meliputi Pemerintahan, Kewilayahan dan kemasyarakatan yakni mencakup pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan dan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Kepala Desa Tawarolondo, Rusniwati saat menerima penghargaan sebagai peserta lomba desa kelurahan.

Sebelum penilai dilakukan, Desa Tawarolondo melalui Kepala Desa menerima penghargaan sebagai peserta lomba desa kelurahan tingkat Kabupaten Konawe. Usai acara seremoni penyambutan, penilain berdasarkan indikator kemudian dilaksanakan masing-masing tim.

Rusniwati mengatakan, penilaian perlombaan desa tersebut mengandung makna tersendiri karena dapat memberi motivasi dan memacu semangat bagi perangkat desa, lembaga – lembaga desa dan masyarakat untuk berlomba dan bersaing secara sportif dan positif dalam membangun fisik desa dan membenahi administrasi pemerintah desa yang sudah ada.

Sementara itu, Camat Wonggeduku, Asnadin K. menyampaikan, lomba desa jangan dijadikan momentum sesaat. Ia mencontohkan, kebersihan desa dapat dipertahankan meski tak ada lomba desa. Secara umum, ia berpesan agar tak ada yang berubah pasca penilaian lomba.

Kegiatan penilaian untuk Desa Tawarondo sendiri dilaksanakan Kamis (12/4/2018) dihadiri Kapolsek Wonggeduku, IPDA Sarif, Babinsa, unsur Muspika, para Kepala Desa se-Kecamatan Wonggeduku beserta aparat. (**)