Beranda Kampung Ekonomi Penukaran Valuta Asing, Bisnis Menjanjikan di Morosi

Penukaran Valuta Asing, Bisnis Menjanjikan di Morosi

367
Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bidang Manajemen Interen dan Sistem Pembayaran Bahtiar Zaadi
Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bidang Manajemen Interen dan Sistem Pembayaran Bahtiar Zaadi

Kampung Konawe
Morosi, – Usaha penukaran valuta asing di Kecamatan Morosi seiring kehadiran Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di kawasan mega industri, menjadi peluang bisnis yang diyakini cukup menjanjikan.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bidang Manajemen Interen dan Sistem Pembayaran Bahtiar Zaadi mengatakan, daerah seperti Morosi menjadi peluang bisnis penukaran mata uang asing atau biasa disebut Money Changer. Keberadaan tempat penukaran ini bisa mempermudah TKA yang hendak menukarkan uangnya.

Menurut Bahtiar, peluang ini terbuka lebar dengan adanya aturan yang mengharuskan penggunaan mata uang rupiah dalam bertransaksi di wilayah NKRI. Setiap pelanggar yang bertransaksi dengan mata uang asing ada sanksi hukum yang dikenakan.

Meski demikian, usaha penukaran valuta asing kata Bahtiar mestilah mempunyai izin. Tidak boleh seseorang melakukan aktivitas penukaran uang tanpamemiliki badan usaha yang mendapat izin Bank Indonesia.

“Oleh karenanya, setiap tempat penukaran valuta asing harus mendapat
izin ke Bank Indonesia. Ini peluang usaha yang menjanjikan bagi masyarakat,” jelas Bahtiar Kamis, (16/3) tadi.

Bahtiar menuturkan, BI siap mendukung niat masyarakat jika ada yang hendak membuka usaha ini, salah satunya yakni dengan pemberian izin secara cuma-cuma pada tiap pelaku bisnis ini.

“Untuk izinnya kami gratiskan. Tinggal masyarakat memberikan setoran
senilai seratus juta rupiah sebagai modal usaha tersebut. Peluang
usaha ini sangat potensial untuk masyarakat,” tandasnya. (KS/Red)