Beranda Kampung Sultra Perbaikan Jalan Latoma Ditarget Tuntas, Dinas PU Siapkan Rp 3 Miliyar

Perbaikan Jalan Latoma Ditarget Tuntas, Dinas PU Siapkan Rp 3 Miliyar

137

Bakal segera dilakukan penanganan sementara saat cuaca mulai membaik

Kampung Konawe
Unaaha, – Perbaikan jalan Kecamatan Latoma, Kabupaten Konawe yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe, direncanakan bakal segera dituntaskan tahun ini.

Rencananya, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) akan mulai melakukan penangan sementara saat cuaca mulai kondusif, yakni dengan menurunkan alat berat.

Untuk angaran perbaikan jalan secara menyeluruh, Dinas PU-PR telah mengajukan anggaran ke DPRD Konawe. Targetnya agar dalam anggaran perubahan tahun ini, perbaikan jalan Latoma bisa dilakukan.

“Sudah kita usulkan di dewan anggarannya. Kita persiapkan itu Rp. 3 Miliyar, sudah bisa kita lakukan perbaikan.” Kata Kepala Dinas (Kadis) PU-PR Kabupaten Konawe, Syahrullah saat ditemui, Kamis, (27/7) kemarin.

Syahrullah menjelaskan, perbaikan ini akan dilakukan sesegera mungkin, menunggu anggaran. Untuk lokasinya, menurutnya, sekitar 22 Kilometer (KM) sepanjang jalan Latoma yang masuk kewenangannya.

“Targetnya ada 13 desa dan 1 kelurahan. Lokasinya mulai dari awal masuk jalan Latoma menuju kantor Camat Latoma. Jadi sifatnya akan kita perbaiki penuh, tapi masih dalam bentuk pengerasan. Itupun bukan semua.” Kata Syahrullah menjelaskan.

Syahrullah mengungkapkan, perbaikan ini tidak termaksud dalam perbaikan jembatan. Untuk pengaspalan, dirinya belum berani menjanjikan hal tersebut. Namun dirinya optimis untuk mengusulkan hal tersebut ke depan nantinya.

Tercatat di Kecamatan Latoma ada 18 desa/kelurahan, dengan kondisi 13 desa dan 1 kelurahan dalam kondisi nyaris terisolir akibat rusaknnya jalan, baik jalan provinsi maupun kabupaten. (KS/Red)