Beranda Kampung Sultra “Perbaikipi Kasian Ini Jembatan”

“Perbaikipi Kasian Ini Jembatan”

641

Kampung Konawe
Unaaha, – “Perbaikipi juga kasian ini jembatan, banyakmi hae orang yang kecelakaan.” Kata salah seorang warga, Ismail saat melewati salah satu jembatan yang berada di Desa Lasada, Kecamatan Asinua, Kabupaten Konawe, Sabtu (8/4).

“Sudah tiga tahunmi hae, ini jembatan masih begini terus.” Lanjutnya. Ismail berharap, kiranya pemerintah punya hati untuk segera memperbaiki jembatan yang sampai saat ini masih dibiarkan rusak hingga bertahu-tahun .

Dikatakan, sejak rusaknya jembatan ini tak jarang para pengendara roda dua dan roda empat sering mengalami kecelakaan. Meski sampai saat ini belum ada korban jiwa. Namun beberapa korban yang mengalami kecelakaan cukup parah dan harus dilarikan ke rumah sakit.

“Berapa kalimi ada yang jatuh, pernah ada yang pingsan,dia terpukul dengan batu dikepalanya baru kita bawa dirumah sakit. Bannya saja mobil berapa kalimi terpeleset.” Kata Ismail.

Padahal kata Ismail, untuk memperbaiki jembatan ini pemerintah
tidak harus mengeluarkan uang banyak. Ukurannya yang tidak begitu luas bagi pemerintah adalah hal yang mudah.

“Masa biar ini jembatan terlalu susah diperbaiki. berapaji hae habis
uangya pemerintah kalau dia kerja, tidak banyakji hae.” ungkap Ismail dengan logat Tolaki.

Dari pantauan Kampungsultra.com, jembatan penghubung antara beberapa kecamatan sangat memprihatinkan. Balok titian yang menjadi tumpuan para pengendara kini mulai lapuk hanya beberapa potongan balok saja yang masih bertahan. Jika musim penghujan balok titian akan menjadi licin dan semakin berbahaya bagi pengguna jalan.

Balok pengaman yang berada sisi kiri dan kanan jembatan kini sudah tidak ada. Sehingga beberapa pengendara roda dua terlihat lebih memilih turun sambil mendorong ketimbang harus mengambil resiko.

Tak hanya jembatan, beberapa ruas jalan rusak parah. Kubangan yang berdiameter satu kali dua meter cukup menghawatirkan para pengguna jalan. Beberapa pengendara motor sering kali mengalami kecelakaan.

Jika disandingkan data yang dikeluarkan Satuan Lalu-lintas (Satlantas) Polres Konawe. Salah satu faktor terjadinya kecelakaan disebabkan infrastruktur jalan yang kurang memadai.(KS/Red)