Beranda Ibu Kota Sampah Kota Kendari Meningkat, Capai 200 Ton Perhari

Sampah Kota Kendari Meningkat, Capai 200 Ton Perhari

106
Plt Dinas Lingkungan Hidup, (DLH). Mumammad Nur Rasak, saat ditemui di ruang kerjanya

Ibu Kota
Kendari, – Peningkatan jumlah volume sampah yang ada di Kota Kendari, rupanya semakin mengalami peningkatan yang cukup signifikan, dari tahun ketahun.

Jika pada tahun 2016 perharinya sampah yang di hasilkan masyarakat Kota Kendari, hanya 140 sampai 160 ton perhari, kini kisarannya sudah mencapai 200 ton perhari.

Hal tersebut di ungkapkan langsung oleh Plt Dinas Lingkungan Hidup, (DLH). Mumammad Nur Rasak, saat ditemui di ruang kerjanya. Bahwasanya peningkatan jumlah volume sampah tidak di imbangi dengan penambahan armada pasukan Hijau Kota Kendari.

“Jumlah sampah yang ada sekarang setengah mati karena armada tidak bertambah,” Ungkapnya.

Olehnya itu, untuk menangani terjadinya peningkatan jumlah volume sampah, dengan jumlah armada yang kurang. Pihak menambah jumlah shift para pasukan Hijau DLH.

“Untuk mengakali peningkatan itu, kita pake shift pagi dan ada siang juga yang kerja,” Terangnya.

Selain mengakali dengan membagi dua shift pemungutan sampah, pihaknya juga rutin melakukan kerja bakti pada hari sabtu, dengan melibatkan seluruh pegawai dan staf DLH, namun, ia akan mengusahakan untuk adanya penambahan jumlah armada, agar penanganan semakin bertambahnya jumlah volume sampah dapat teratasi.

“Akan kita usahakan 2018 penambahan armada,” Singkatnya

Hingga saat ini untuk armada pengangkut sampah miliki Kota Kendari berjumlah 37 mobil. Olehnya itu untuk mengatasi peningkatan tersebut pihaknya menghimbau kepada seluruh RT, RW, untuk memantau warganya dalam membuang sampah.

Sebab selama ini pihaknya sudah mengatur jadwal pembuangan sampah, yaitu pada malam hari, namun banyak warga yang mengindahkan aturan tersebut.

“Kondisi yg ada itu berbeda, masyarakat masih sering membuang sampah di atas jam 9 pagi padahal itu kita sudah atur jadwal pembuangan sampah itu pada malam hari,” Tutupnya. (KS/Fd)