Beranda Kampung Hukrim Survei, Pemabuk Dominasi Lakalantas di Konawe

Survei, Pemabuk Dominasi Lakalantas di Konawe

488
Kasat Lantas Polres Konawe, AKP Jumiran
Kasat Lantas Polres Konawe, AKP Jumiran

Kampung Konawe
Unaaha, – Korban Kecelakaan Lalu Lintas (Lakalantas) di wilayah hukum Polres Konawe, berdasarkan data, 48 persen didominasi oleh pemabuk. Angka itu yang paling terbanyak. Ini diungkapkan Kepala Satuan (Kasat) Lantas Polres Konawe, AKP Jumiran, diruangannya Jum’at (7/4).

Dalam data yang dirilis itu, terhitung awal Januari 2017 hingga akhir Maret. Korban lakalantas untuk tiga bulan terakhir tercatat 50 kejadian dengan korban tercatat 90 orang.

Dengan persentase meninggal dunia 18 orang, luka berat 7 orang, luka ringan 65. Sehingga secara keseluruhan peristiwa lakalantas tercatat 90 orang. Dengan kerugian materil yang ditimbulkan hingga ratusan juta.

Untuk kasus laka P21 yang sudah ditangani kejaksaan ada 9 perkara, SP3 ada 4, Adr 17 perkara. Dalam proses sidik 12. Jelang lidik ada 8 orang perkara.

“Tujuh lidik sampai saat ini belum jelas pelakunya dalam hal ini pelaku tabrak lari. Sementara 1 pelaku sudah terangkap.” ujar AKP Jumiran.

Lanjut AKP Jumiran, Peristiwa terjadinya laka dikarenakan oleh pengaruh alkohol. Mengendarai motor pada malam hari dengan tidak menyalakan lampu.

“Untuk korban diangka 50 ini yang mendominasi karena saat mengemudikan kendaraan pada malam hari dalam keadaan mabuk. Usia korban laka rata-rata diatas umur 20 tahun dan masih masah produktif.” Ungkap Perwira tiga balak itu. (KS/Arsyam)