Beranda Kampung Politik Tahapan Pilkada Konawe Tunggu Porsi Anggaran Dari Pemda

Tahapan Pilkada Konawe Tunggu Porsi Anggaran Dari Pemda

148
Sosialisasi Politik dan Keamanan KPUD Konawe

Kampung Konawe
Unaaha, – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe kini bersiap menyambut tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 mendatang. Sebelum itu, KPU kini sedang menunggu alokasi anggaran yang akan diberikan oleh Pemda Konawe.

Belum ada waktu pastinya, namun Ketua KPUD Konawe, Sarmadan mengingatkan, pihaknya belum akan memulai tahapan apapun jika Pemda Konawe belum melakukan porsi anggaran untuk perhelatan pesta demokrasi tersebut, yang hanya tinggal beberapa waktu.

“Semua unsur sudah bersiap, baik TNI, Polri maupun Kejaksaan. Tapi, bagaimanapun tahapan Pilkada di Konawe ini tidak mungkin terlaksana kalau anggaran seperti yang telah kita sepakati sebelumnya belum ada, dan ini hal yang mendasar untuk melakukan tahapan.” Pungkas Sarmadan saat menggelar rapat koordinasi di Aula Inowa Pemda Konawe, Selasa, (6/6).

Sarmadan mengingatkan, agar Pemda tidak kembali mengulangi kejadian Pilkada 2013, dimana saat itu Pemda Konawe menandatangani Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) hingga dua kali, yang mana hal tersebut merupakan gangguan dalam pelaksanaan Pilkada.

“Secara kelembagaan, dengan tupoksi yang diberikan, kami sudah siap keseluruhan. Sekarang tinggal beberapa kesiapan yang membutuhkan anggaran dan ini membutuhkan dukungan dari Pemda.” ujar Sarmadan.

Masih mengenai kesiapan, Sarmadan mengungkapkan, pihaknya telah menyampaikan kesiapan Pilkada Konawe pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan ini telah dilaporkan secara resmi pada Bupati dan dewan. (KS/Red)