Beranda Kampung Pendidikan Taman Bacaan Keliling Siap Jelajahi Kota Unaaha

Taman Bacaan Keliling Siap Jelajahi Kota Unaaha

118
Komunitas GGB saat membuka taman bacaan di Taman Pemda Konawe. Tampak anak-anak sekolah dasar (SD) sedang membaca dan menggambar. (Foto/Redaksi)

Kampung Konawe
Unaaha, – Taman Baca keliling kini bakal menghiasi sudut-sudut kota Unaaha, Kabupaten Konawe. Ide ini digagas oleh Komunitas Generasi Gemar Baca (GGB) Konawe. Taman ini diproyeksikan bakal memenuhi titik keramaian Kota Unaaha.

Mulai taman, pusat-pusat rekreasi hingga lokasi-lokasi yang dinilai kerap dijadikan tempat berkumpulnya masyarakat. Meski baru dimulai, taman bacaan ini punya visi menjangkau masyarakat luas khususnya anak-anak guna menumbuhkan minat baca.

“Alhamdulillah respon yang kami terima positif. Sejak kami mulai pelan-pelan sudah banyak yang mencari kami.” Kata Pengelola Taman Bacaan Komunitas GGB Konawe, Ramdhan Riski Pratama yang ditemui, Jum’at (11/8) pagi tadi saat membuka taman bacaan di Taman Pemda Konawe.

Taman baca keliling ini dikelola Ramdhan bersama 10 rekannya di Komunitas GGB bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan Konawe. Taman baca ini bakal hadir setiap hari, targetnya kembali menumbuhkan minat baca kalangan luas khususnya remaja dan anak-anak.

Adhy, salah satu pengunjung yang menyempatkan diri membaca buku komunitas GGB

“Konsepnya adalah bagaimana kita turun pada masyarakat. Jadi kita liat dimana ada perkumpulan itu yang kami datangi, khususnya ketika memang kegiatan-kegiatan itu kita rasa kurang bermanfaat.” Kata pria yang juga lulusan S1 Universitas Lakidende.

Menurut Ramdhan, taman baca ini tidak hanya fokus soal bacaan, tetapi juga menumbuhkan kreatifitas seperti membaca puisi, menggambar, bercerita dan kegiatan-kegiatan kreatifitas lainnya.

“Kita juga punya sekretariat dan di sana kita punya macam-macam kegiatan. Insya Allah kalau ini sukses kedepan kita rencanakan masuk pelosok.” Ujar Ramdhan.

Komunitas GGB Konawe saat ini punya koleksi 250 buku, jumlahnya masih terbatas. Nantinya saat hendak menjadi anggota, akan diwajibkan investasi 1 buku. (KS/Red)