Beranda Kampung Sultra Tenang! Sultra Diklaim Bebas Dari Peredaran Sarden Kaleng Berbahaya

Tenang! Sultra Diklaim Bebas Dari Peredaran Sarden Kaleng Berbahaya

228

Ibu Kota
Kendari, – Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) Kendari memastikan wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) aman dan bebas dari peredaran sejumlah produk ikan sarden kaleng yang mengandung cacing pita seperti pada sejumlah daerah lain di Indonesia.

Sejak kabar peredaran produk sarden kemasan berbahaya, pihak BPOM Kendari langsung melakukan pengecekan produk sarden sejenis yang dikawatirkan juga mengandung parasit cacing pita.

Pemeriksan ini dilakukan pada sentral penjualan tradisional dan juga supermarket. Dari pemantauan tersebut hingga saat ini belum ditemukan produk sarden serupa yang tidak layak konsumsi.

Kepala BPOM Kendari, Leonard Duma memastikan 3 produk sarden kemasan ini belum masuk atau tidak beredar dalam wilayah Sultra.

Adapun produk sarden yang ditemukan mengandung parasit cacing pita ini adalah makarel farmenjack, hoki, dan juga IO.

Sementara itu dalam rilis yang dikeluarkan resmi pihak BPOM RI tertanggal 28 Maret 2018 terkat hasil pengujian produk ikan kaleng, dinyatakan ada 27 merek yang dinyatakan positif mengandung parasit cacing.

16 diantaranya adalah produk import dan 11 produk lokal. Olehnya diharapkan masyarakatnya yang menemukan produk dengan kandungan cacing dan tak layak konsumsi,aktiv melapor pada pihak terkait. (Eko)