Beranda Ibu Kota Usai Didemo SBSI, PT SJAP Bakal Dihearing

Usai Didemo SBSI, PT SJAP Bakal Dihearing

178

Ibu Kota
Kendari, – PT Surja Jaya Agrindo Perkasa (SJAP) perusahaan di bidang kelapa sawit, Selasa (20/3/2018) didemo sejumlah massa dari Serikat Pekerja/Buruh Forum Komunikasi Pekerja PT. SJAP di Kantor DPRD Provinsi Sultra.

Aksi itu menuntut pembayaran pesangon enam karyawan yang dituding di PHK secara sepihak. Massa pun mendesak DPRD memanggil manajemen perusahaan terkait persoalan itu.

Mendesak agar pihak PT SJAP segera memberikan pembayaran hak-hak pekerja secara tunai berupa uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan uang penganti Ha.

Ketua Serikat Pekerja/Buruh Forum Komunikasi Pekerja PT. SJAP, Leris Saranani mengatakan, apa yang dilakukan PT SJAP menyalahi mekanisme pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sebagaimana di atur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Dalam orasi salah seorang orator, Muh. Syainul mengatakan tindakan yang dilakukan PT. SJAP merupakan tindakan kesewenang wenangan terhadap rakyat khususnya dalam Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap karyawannya,

“Kami mendesak agar DPRD provinsi harus turun tangan mengatasi persoalan ini,” kata Muh. Syainul dalam orasinya.

Sejumlah tuntutan lainnya disampaikan dalam aksi itu, seperti mendesak DPRD Sultra untuk menindak tegas atas tindakan sewenang-wenang yang di llakukan oleh PT. SJAP dan mendesak DPRD Sultra untuk membekukan/mencabut izin perusahaan PT. SJAP.

Wakil ketua DPRD Sultra, Nursalam Lada, yang menerima massa aksi berjanji memanggil manajemen perusahaan.

“Selasa, pekan depan akan kita panggil manajemen perusahaan. Akan kita cari solusi terbaik.” Ujarnya. (KS/Wisan)