Beranda Ragam Warga di Tiga Desa Blokir Jalan Morosi

Warga di Tiga Desa Blokir Jalan Morosi

346

Kampung Konawe
Unaaha, – Puluhan warga, Senin (26/2/2018) menggelar aksi blokir jalan di titik jalan utama Morosi. Aksi ini sendiri telah mulai disuarakan sehari sebelumnya.

Akibat pemblokiran jalan, akses jalan hingga angkutan truk yang membawah material bahan kebutuhan proyek tidak lagi dapat melintas.

Akses jalan ini merupakan jalan lingkungan pemukiman dari sejumlah kawasan desa dari Kecamatan Bondoala dan juga Morosi namun kondisinya menjadi rusak. Ini Karena tingginya mobilitas angkutan dengan tonase berat yang ikut memanfaatkan fasilitas jalan.

Setidaknya sudah 3 tahun terakhir akses jalan ini juga dipergunakan kegiatan proyek pertambangan, saat musim hujan ruas jalan dipenuhi kubangan. Sementara saat kemarau warga disesaki debu.

Akibat kondisi ini selain susah mendapat akses jalan layak. Warga juga banyak yang menderita ISPA Karena debu dari jalur jalan yang rusak

Olehnya warga dengan sengaja melakukan pemblokiran mereka menutup jalan masuk dengan berjejer ditengah jalan dengan sejumlah spanduk penolakan angkutan truk bermuatan material batu melintas dilingkungan mereka.

Mereka meminta pihak provinsi ataupun kabupaten Konawe, segera melakukan penanganan terhadap jalan lingkungan warga yang juga ikut dipergunakan angkutan pertambangan.

Aksi warga ini berlangsung hingga Senin sore, bahkan warga dengan sengaja telah memasang tenda untuk mempertahankan aksi blokir mereka hingga ada solusi dari pihak terkait. (KS/Eko)