Beranda Kampung Sultra 30 Anggota DPRD Konawe Resmi Dilantik

30 Anggota DPRD Konawe Resmi Dilantik

244
Pelantikan DPRD Konawe
Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji Anggota DPRD Kabupaten Konawe masa jabatan 2019-2024 berdasarkan surat Keputusan Gubernur Sultra H Ali Mazi SH. Nomor 407 tahun 2019 yang tertanggal 29 Agustus 2019 oleh Kepala Pengadilan Negeri Unaaha, Febrian Ali di ruang Sidang Gedung DPRD Konawe,

UNAAHA – Sebanyak 30 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang terpilih dari hasil pemilihan umum pada 17 April 2019, resmi dilantik oleh Kepala Pengadilan Negeri Unaaha, Febrian Ali di ruang Sidang Gedung DPRD Konawe, Senin (2/9/2019).

Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji Anggota DPRD Kabupaten Konawe masa jabatan 2019-2024 berdasarkan surat Keputusan Gubernur Sultra H Ali Mazi SH. Nomor 407 tahun 2019 yang tertanggal 29 Agustus 2019.

Seremoni pelantinan dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara yang juga merupakan mantan Bupati Konawe dua periode, Lukman Aboenawas. Turut hadir pula Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dan Wakilnya, Gusli Topan Sabara, serta unsur pejabat tinggi Konawe lainnya.

Pada momen tersebut tampak beberapa anggota DPRD Konawe periode 2014-2019 hadir di ruang sidang. Mereka masih menempati kursi anggota dewan yang terhormat, sebelum akhirnya kursi mereka diberikan kepada anggota dewan terpilih untuk dijabat lima tahun ke depan.

Adapun nama-nama 30 anggota DPRD Konawe yang dilantik adalah sebagai berikut :

Dapil I   : Rusdianto, SE, MM (PDIP), H.Alaudin, SH, MH (PBB), Marsuddin (PAN), H.Abd Rahim (Gerindra), Ahmad Sulfadli (Demokrat), Rahmawati Buhari Matta Silondae, SE (NasDem), H.Gamus, SH (Golkar), Safiudin (PKB)

Dapil II  : Dr.H.Ardin, S.Sos, M.Si (PAN),Hermansyah Pagala, SE (Gerindra), Sudirman, SE (NasDem), Umar Dema, S.Sos, MM (Demokrat),  Devi Thesya Feriska Konggoasa, SH (PAN) Samsuddin (PBB), H.A.Ginal Sambari, S.Sos, M.Si (Golkar)

Dapil III : Hj.Murni Tombili (PDIP),  Nuryadin Tombili, Sitti Nurianti, S.Sos (PAN), Ulfiah, SE (Gerindra), Juhardin, SE (Perindo),

Dapil IV : I Made Asmaya, S.Pd (PDIP), Susi Sri Hartinah, A.Md, Keb, Haryadi (PAN), Drs.H.Tajuddin Dongge (Gerindra), Samiri, S.Sos (PKS)

Dapil V  :  Hj.Suriyana, S.Pdi (PDIP), Benny Setiadi Burhan, SE (PAN) dan Kadek Rai Sudiani (Gerindra),Kristian Tandabioh, SH, M.AP (PBB), Drs.H.Mustakin, M.Si ( Demokrat),

Rapat Paripurna pelantikan anggota DPRD Konawe periode 2019-2024
Rapat Paripurna pelantikan anggota DPRD Konawe periode 2019-2024

“Saya menyampaiakan selamat kepada Bapak/Ibu/Saudara-Saudari yang baru saja dilantik dan di ambil sumpahnya oleh Kepala Pengadilan Negeri Unaaha, sebagai Anggota DPRD Konawe masa jabatan 2019-2024. Saya berharap semoga Bapak/Ibu/Saudara-Saudari dapat mengemban amanah sebagai wakil rakyat, dalam hal ini masyarakat Kabupaten Konawe dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab untuk memajukan Kabupaten Konawe lebih maju dan sejahtera,” Kata Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dalam membacakan sambutan Gubernur Sultra Ali Mazi di hadapan seluruh Anggota DPRD Konawe dan tamu undangan.

Agenda dan strategis ini, kata Kery, secara filosofis berkedudukan sebagai suatu sarana demokrasi untuk mempersentasikan kedaulatan rakyat dan sekaligus wujud implementasi amanat konstitusi Negara dalam rangka membangun tatanan pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarlan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Setiap Anggota DPRD wajib mengeyahui, memahami, dan mampu menjalankan tugas serta fungsinya sebagai salah satu unsur penyelenggara pemerintahan daerah, dimana, setiap Anggota DPRD Kabupaten/Kota diharapkan mampu mengawal dan mengawasi pembangunan daerah dan melakukan pengawasan dengan satu tekad membangun untuk kesejahteraan rakyat.

Seiring perkembangan dan dinamika masyarakat, serta prinsip hakiki demokrasi yaitu dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Maka ekspektasi masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah juga semakin meningkat.

Selanjtnya, masyarakat menuntut penyelenggaraan pemerintah yang lebih baik, bersifat tranfaran, serta akuntabel dan respontif, melalui peningkatan kualitas pelayanan publik yang bermuara pada terwujudnya kesejahteraan lebih baik dan berkeadilan sosial bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Dengan Demikian, sesuai tugas dan fungsi DPRD, masyarakat berharap semakin terpenuhinya rasa keadilan dan ketentraman. Semakin mampu mengembangkan kualitas diri dan dapat menemukan solusi yang tepat dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang kian kompleks ditengah-tengah masyarakat,” paparnya.

Penyerahan palu sidang pimpinan sementara oleh Wakil Ketua II DPRD Konawe, H. Alaudin kepada Ketua sementara DPRD Konawe, Dr H Ardin.

Bupati dua periode ini menambahkan, DPRD sebagai alat penyerap dan penjaring aspirasi masyarakat lokal di daerah konstituennya sekaligus sebagai mitra eksekutif ditingkat daerah, mestinya mampu bekerja sama secara sinergis dengan pemerintah daerah (Pemda) dalam mengelola dinamikan daerah, baik itu dinamika masyarakat, pembangunan, maupun dinamika politik satu sisi. Dan disisi lain, lanjutnya, bersama menjaga stabilitas pemerintahan daerah supaya bisa memberika manfaat secara signifikan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah.

Untuk itu, dirinya berharap kepada seluruh Anggota DPRD yang baru saja dilantik agar lebih meningkatkan kinerjanya, bisa memenuhi harapan dan memperjuangkan kepentingan rakyat. Menjunjung tinggi supremasi hukum serta punya empati dengan kondisi kehidupan masyarakat yang diwakilinya agar dapat berjalan lancar, sesuai dengan kewenangannya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya meyakini, meskipun saudara/saudari bersal dari partai politik yang berbeda, namun dengan semangat kolektifitas serta selalu menjaga integritas dalam pengabdian kepada masyarakat. Maka segala upaya yang dilakukan melalui kerja ikhlas, cerdas, kerja keras, dan kerja tuntas, kemudian didukung dengan kemampuan dan pengalaman seluruh Anggota DPRD Kabupaten Konawe, insya Allah dapat memenuhi harapan masyarakat,” ungkap Kery yang juga mantan Ketua DPRD Konawe.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Anggota DPRD Kabupaten Konawe masa jabatan 2014-2019 atas jasa-jasanya selama periode tersebut. Semoga apa yang telah di lakukan dalam upaya memenuhi hapan masyarakat, bisa menjadi amal kebaikan dan mendapatkan ganjaran pahala yang selayaknya dari Allah SWT,” Tutup Kery.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan palu pimpinan sementara anggota DPRD Konawe. Ardin yang sebelumnya menjabat Ketua DPRD Konawe, ditetapkan sebagai ketua sementara. Sementara wakil ketua sementara dipercayakan kepada Tajuddin Dongge. Penetapan pimpinan defenitif DPRD Konawe akan dilakukan setelah semua perangkat dewan rampung. (red)