Beranda Ragam 302 Aparat Desa di Konut Ikut Pelatihan Siskeudes

302 Aparat Desa di Konut Ikut Pelatihan Siskeudes

186

Kampung Konut
Kendari, – BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPD) Kabupaten Konawe Utara (Konut) menggelar Pelatihan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskudes) di Hotel Wixel hari ini, Rabu (11/10).

Kegiatan Pelatihan yang dibagi menjadi 3 tahap ini, di hadiri sebanyak 302 peserta yang berprofesi sebagai Sekretaris dan Bendahara desa yang tersebar di 13 Kecamatan Se Konut.

Pelatihan Siskeudes yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Konut , Raup,S.Ag pada tanggal 2 Oktober lalu juga di hadiri Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara R.Ersi Soenarsih bersama Korwas Bidang Akuntabilitas Daerah, Listyono.

Menurut Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara R.Ersi Soenarsih. Tujuan dari pelaksanaan Kegiatan Pelatihan Siskeudes ini adalah untuk meningkatkan pemahaman terhadap Pengelolaan Dana Desa.

“Agar pengelolaannya berdasarkan asas-asas transparansi, akuntabel, Partisipasif, efisien dan Efektif,” jelas Ersi.

Ersi juga menambahkan bahwa Pelatihan Aplikasi Siskeudes ini digelar untuk percepatan dan kewajiban pengimplementasian Aplikasi Siskeudes dalam penatausahaan keuangan Desa secara penuh di masing-masing Pemdes pada tahun 2017.

“Salah satu tujuannya adalah untuk menghindarkan Pemerintah Desa dari permasalahan yang ditangani oleh Aparat Penegak Hukum,” kata Ersi.

Pelatihan yang rencana ditutup pada Kamis esok ini, Ersih Berharap para perserta yang berasal dari 151 desa ini dapat menyererap materi yang telah diberikan oleh para instruktur.

“Sehingga apa yang dipelatihankan dapat di aplikasikan ketika kembali ke desa masing-masing”, Pungkap Ersi. (Ks/BA)