Beranda Kampung Sultra 575 Anggota DPR RI Resmi Dilantik

575 Anggota DPR RI Resmi Dilantik

63
Pengambilan sumpah anggota DPR RI
SUMPAH DPR - Pengambilan sumpah anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) periode 2019-2024 di gedung "kura-kura" kompleks MPR/DPR. Prosesi penyumpahan di depan Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali, untuk anggota beragama Islam diwakili Muhaimin Iskandar.

JAKARTA – Sebanyak 575 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) periode 2019-2024 resmi dilantik, Selasa (1/10). Pengucapan Sumpah Janji anggota berlangsung di gedung “kura-kura” kompleks MPR/DPR.

Momentum pelantikan diawali dengan penetapan Ketua dan Wakil Ketua DPR sementara yang dipandu Sekretaris Jendral (Sekjen) DPR, Indra Iskandar.

Adalah Abdul Wahab Dalimunthe, sebagi ketua dan Hillary Brigita Lasut sebagai wakil. Keduanya dipilih karena merupakan anggota DPR tertua dan termuda, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang MD3.

Pelantikan para anggota legislatif baru dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 98/p/ 2019 tentang peresmian anggota DPR periode 2019-2024 oleh Sekjen DPR Indra Iskandar.

Prosesi pelantikan pun kemudian dilakukan Ketua Mahkamah Agung (MA), Hatta Ali. Para anggota yang akan disumpah didampingi para tokoh agama masing-masing calon.

“Apakah saudara bersedia disumpah menurut agama dan kepercayaan saudara masing-masing?” tanya Hasan Ali yang dijawab bersedia secara serentak para anggota.

Sumpah itu pun disampaikan Hasan Ali sebagai tanggung jawab dan harus ditepati. Selanjutnya, ia menuntun pembacaan sumpah.

“Demi Allah (Tuhan) saya bersumpah/berjanji, bahwa saya, akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Bahwa saya, dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” bunyi sumpah para anggota DPR. (red)