Beranda Kampung Pendidikan Antisipasi Peredaran Obat Terlarang, Diknas Konawe Sidak ke Sekolah

Antisipasi Peredaran Obat Terlarang, Diknas Konawe Sidak ke Sekolah

347
Kepala Diknas Konawe, Jumrin Pagala saat berdiskusi dengan salah satu siswa di SMPN 1 Wawotobi.
Kepala Diknas Konawe, Jumrin Pagala saat berdiskusi dengan salah satu siswa di SMPN 1 Wawotobi.

Kampung Konawe
Unaaha, – Menanggapi kejadian keracunan akibat obat terlarang di Kota Kendari, Dinas Pendidikan (Diknas) Kabupaten Konawe, Sabtu, (16/9) pagi tadi menggelar sidak ke beberapa sekolah.

Kepala Diknas, Jumrin Pagala mengatakan, agenda sidak tersebut merupakan bentuk antisipasi pihaknya terhadap peredaran obat terlarang khususnya di kalangan pelajar. Terlebih, korban yang mendominasi adalah kalangan pelajar.

Meski dalam sidak tersebut tak ditemukan adanya pelajar yang membawa obat-obatan terlarang, Namun para guru dihimbau agar senantiasa mengawasi siswanya pada jam-jam istrahat, terutama siswa yang memang mencurigakan gerak-geriknya.

“Selain itu, ini merupakan bentuk perhatian Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa terhadap isu ini, sehingga beliau instruksiakan agar ada tindakan makannya kami turun.” Kata Jumrin Pagala saat melakukan sidak di SMAN 1 Unaaha.

Kepala Diknas Konawe, Jumrin Pagala saat menggeladah isi tas salah siswa ditemank Kepala SMAN 1 Unaaha, Jusmar, S.Pd
Kepala Diknas Konawe, Jumrin Pagala saat menggeladah isi tas salah siswa ditemani Kepala SMAN 1 Unaaha, Jusmar, S.Pd

Mengenai isu dunia pendidikan Konawe telah disusupi peredaran obat terlarang, Jumrin Pagala menanggapi, jika sejauh ini belum terbukti, kendati demikian dirinya tak memungkiri jika kemudian itu dilakukan di luar lingkungan sekolah.

Dalam setiap sidaknya sendiri, Jumrin Pagala selalu mengingatkan siswa agar tidak mencoba obat-obatan terlarang yang saat ini menjelma. Ia senantiasa mengingatkan agar jika ada yang berniat untuk kembali memikirkan efeknya seperri yang telah terjadi di Kendari.

“Jika harapkan kegiatan seperti bisa membuat efek, khususnya pada siswa yang berniat pastinya akan berfikir kembali. Di samping itu, kegiatan ini akan rutin kita laksanakan hingga bisa kita pastikan ini sudah aman.” Ujarnya.

Kepala Diknas Konawe, Jumrin Pagala saat memberikan pengarahan pada siswa SMAN 1 Unaaha.
Kepala Diknas Konawe, Jumrin Pagala saat memberikan pengarahan pada siswa SMAN 1 Unaaha.

Kegiatan ini sendiri merupakan kedua kalinya digelar Diknas Konawe, sehari sebelumnya telah dilakukan kegiatan serupa di wilayah Abuki hingga Padangguni. Selain melibatkan unsur pendidikan, pemerintah desa dan wargapun diikutkan.

Dalam sidak kali ini, Diknas Konawe menyasar dua sekolah, yakni SMPN 1 Wawotobi dan SMAN 1 Unaaha. Sidak ini dilakukan dengan cara memeriksa isi tas masing-masing siswa yang dibantu dengan guru-guru di sekolah tersebut. (KS/Red)