Beranda Ragam Askab PSSI Konawe Bakal Terapkan Lisensi Klub Daerah

Askab PSSI Konawe Bakal Terapkan Lisensi Klub Daerah

136
Ketua Askab PSSI Konawe, Letehina
Ketua Askab PSSI Konawe, Letehina

UNAAHA, – Menggelar rapat pengurus di Pondok Erfa Wawotobi, Kamis (5/9/2019), Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Konawe menetapkan akan menerapkan lisensi terhadap klub-klub yang ada di Konawe.

Ketua Askab PSSI Konawe, Letehina menyatakan, penerapan lisensi klub ini akan dilakukan secara bertahap, dimulai tahun ini.

Sebab, menurut dia, saat ini masih ada klub-klub yang terbentuk menjelang kompetisi digelar. Dengan inilah, lisensi dimaksudkan agar saat ada kompetisi, klub yang terdaftar itu yang boleh bermain.

“Tugas PSSI Konawe adalah mendata yang berdiri maupun akan berdiri. Tujuan licensi supaya saat kompetisi nanti tertata rapi. Jadi tidak ada lagi klub yang baru berdiri saat ada kompetisi,” kata Letahina.

Diterangkannya, saat ini baru ada tujuh klub yang tedaftar atau terlicensi dan masuk sebagai voter di Askab PSSI Konawe. Secara keseluruhan ada 21 klub yang terindentifikasi aktif mengikuti kompetisi-kompetisi yang digelar.

Sisa dari tujuh inilah yang akan disurati untuk mendaftarkan klub mereka segera ke Askab PSSI untuk dilisensi agar bisa ikut kompetisi lagi ke depan. Karena sejatinya, kompetisi mendatang akan mengikuti regulasi Askab khususnya soal klub-klub yang diperbolehkan bermain.

Lalu untuk klub yang baru terbentuk, dijelaskannya, terbuka peluang untuk mendaftarkannya juga. Tak berbeda dengan yang sudah teridentifikasi, diharuskan untuk mendaftarkan klubnya pada Askab PSSI Konawe.

“Kita buka ruang untuk semua klub yang akan mendaftar. Kita berikan tenggat waktu satu bulan kedepan (hingga pertengan Oktober 2019) untuk segera melengkapi persyaratan melisensi klub,” ujarnya.

Foto bersama pengurus Askab PSSI Konawe, Ketua Letehina (tengah baju putih), Wakil Ketua Abd Rahman, Sekjen Muzakkir dan Exco Askab PSSI Konawe .
Foto bersama pengurus Askab PSSI Konawe, Ketua Letehina (tengah baju putih), Wakil Ketua Abd Rahman, Sekjen Muzakkir dan Exco Askab PSSI Konawe .

Adapun persyaratan standar yang harus dilengkapi untuk mendaftar yakni nama klub, kepengurusan, sekretariat klub, logo dan bendera klub serta rekening dan NPWP klub.

“Untuk tahap selanjutnya atau dalam jangka setahun atau bertahap baru menyusul persyaratan utamanya sesuai standar nasional seperti akta pendirian, pelatih tetap dan lapangan,” terangnya.

Licensi inipun dibeberkan Letehina sangat penting, sebab untuk bisa naik ke tingkat nasional setiap klub harus punya lisensi dari pengurus masing-masing daerah. Untuk itulah, Askab PSSI Konawe segera menertibkan persoalan klub ini.

Letehina berharap, himbauan bersifat penting ini dapat segera dilaksanakan para pemilik atau pengurus klub. Tujuannya untuk menciptakan siklus persepakbolaan Konawe yang lebih kompetitif dan berprestasi. (Red)