Beranda Kampung Hukrim Berseragam PNS, Warga Konawe Ini Lakukan Aksi Pencurian Elektronik

Berseragam PNS, Warga Konawe Ini Lakukan Aksi Pencurian Elektronik

326
Andi Jusman Habokali (40) tersangka kasus pencurian yang berhasil diamankan Polisi

KENDARI, – Andi Jusman Habokali (40) warga Desa Lalonggowuna, Kecamatan Tongauna, Kabupeten Konawe terpaksa diamankan aparat kepolisian. Ia disangkakan telah melakukan aksi pencurian sejumlah barang elektronik.

Jusman berhasil diamankan Unit Crisis Response Team Ditreskrimum Polda Sultra saat hendak menjual barang hasil curiannya Kamis 7 Februari 2019 di salah satu wilayah di Kabupaten Konawe.

“Dari tangan tersangka diamankan bersama 5 unit hape berbagai merk dan 2 unit laptop,” terang Kasubdit III Ditreskrimum Polda Sultra, Kompol Roby Manusiwa.

Kompol Roby mengungkapkan, pelaku diketahui telah melancarkan aksinya di 100 TKP di wilayah Kota Kendari dan Kabupaten Konawe.

Jusman sendiri merupakan maling spesialis rumah kost, dengan sasaran barang elektronik yang sukses dilakoninya sejak 2017 lalu.

Menurut Kompol Roby, trik dalam melakukan aksinya terbilang baru. Berseragam Dinas PNS yang juga menyesuaikan hari kerja. Ia mendatangi kawasan indikost memantau dan memastikan keamanan aksinya.

“Untuk mengurangi kecurigaan, ia juga melengkapi diri dengan kendaraan yang diberi plat dinas palsu,” ujar Kompol Roby.

Di lokasi sasaran, ia biasa menunggu penghuni kost untuk berada di kamar mandi atau sibuk di dapur. Hingga ia dapat leluasa mengasak HP atau laptop korbannya.

“Saat ini tersangka diamankan di Rutan Sultra. dengan perbuatannya tersebut, tersangka dijerat pasal 363 dan 362 KHUP terkait pencurian dengan ancaman 5 tahun penjara,” punkasnya. (Eko).