Beranda Kampung Sultra BLUD RS Konawe Raih Akreditasi Tingkat Paripurna versi SNARS 2018

BLUD RS Konawe Raih Akreditasi Tingkat Paripurna versi SNARS 2018

232
Direktur BLUD RS Konawe, dr. H. M. Agus Lahida, Ketua Tim Akreditasi, dr. Hilma Yuniar Thamrin, M.Kes., Wakil Ketua Tim Akreditasi, Ns. Armia Rahayu dan Humas.

UNAAHA, – Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit (RS) Kabupaten Konawe, 30 Juni 2019 lalu meraih Akreditasi tingkat Paripurna versi Standar Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi 1 2018 oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Proses akreditasi ini dilaksanakan 24 – 27 Juni 2019 dan keluar tiga hari setelahnya. Ada 4 orang tim menjadi penilai dari KARS.

Direktur BLUD RS Konawe, dr. Agus H. M. Lahida menjelaskan, akreditasi yang diraih Konawe merupakan versi akreditasi terbaru yang memiliki 16 bab penilaian, dengan 338 Standar Penilaian, dan 1354 Elemen Penilaian.

“Dari 16 penilaian ini, kami berhasil mendapatkan poin rata-rata 80 ke atas di tiap bab penilaian ini sebagai syarat untuk bisa paripurna,” jelas dr. Lahida dalam konfrensi persnya, di aula BLUD RS Konawe Rabu (3/7/2019).

Menurut dr. Lahida, akreditasi paripurna bintang 5 BLUD RS Konawe ini akan berlangsung hingga 2022  dimana akan dilakukan survei tiap tahunnya sebelum akhirnya dilakukan proses reakreditasi.

dr. Lahida menerangkan, adapun dampak positif dari akreditasi paripurna ini meliputi peningkatan mutu pelayanan rumah sakit dan keselamatan pasien, menjadi rujukan nasional dan perpanjangan kerjasama dengan BPJS sebagai syarat harus terakreditasi.

“Artinya hasilnya ini kembali untuk masyarakat, dengan pengakuan ini, masyarakat sudah bisa merasakan pelayanan bintang lima seperti di rumah sakit kota besar tanpa harus kesana, kenapa? karena kita sudah mendapat pengakuan bahwa pelayanan kita sudah setara dengan mereka,” terangnya.

Untuk diketahui, akreditasi ini dipimpin Iangsung Direktur BLUD RS Konawe, dr. Agus Lahida, serta di dampingi dr. Hilma Yuniar Thamrin, sebagai Ketua Tim Akreditasi BLUD RS Konawe.

Direktur BLUD RS Konawe, dr. H. M. Agus Lahida saat memberikan keterangan persnya bersama tim akreditasi.

Selain itu, persiapan akreditasi ini telah dilaksanakan sejak tahun 2014. Namun karena berbagai kendala sehingga menyebabkan keseriusan memulai akreditasi barulah dimulai sejak Gedung BLUD Konawe yang baru digunakan.

Sebelum final survei pemantapan kegiatan akreditasi, BLUD RS Konawe telah mengikuti berbagai kesiapan, seperti bimbingan langsung dari KARS oleh Rumah Sakit Sangla Bali hingga melakukan Survei Simulasi (SURSIM) dari KARS.

Akreditasi ini tidak lepas dari peran Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe yang begitu berpengaruh atas hasil akreditasi ini dan mendukung penuh segala upaya peningkatan layanan di BLUD RS Konawe, diantaranya dengan membangun gedung RS Konawe yang baru dengan fasilitas yang lengkap sehingga menjadi salah satu faktor penilaian penting dari akreditasi ini. (Red)