Beranda Lainnya Kesehatan BLUD RSUD Konawe Segera Terapkan Konsep One Stop Service

BLUD RSUD Konawe Segera Terapkan Konsep One Stop Service

506
Direktur RSUD Konawe, H. M. Agus Lahida saat pemaparan terkait penggunaan konsep One Stop Service.

Kampung Konawe
Unaaha, – Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Konawe segera terapkan sistem pelayan One Stop Service atau pelayanan terpadu.

Konsep One Stop Service ini sendiri akan diterapkan pada saat RSUD Konawe yang saat ini sedang dibangun, digunakan sekitar bulan Mei mendatang.

Direktur RSUD Konawe, H. M. Agus Lahida dalam sosialisasi penerapan sistem One Stop Service itu mengatakan, Penggunaan sistem ini tak lepas demi menunjang kinerja di unit RSUD yang lebih megah dan moderen itu.

“Konsep One Stop Service bertujuan memudahkan pelayanan dan memberikan kenyamanan pasien.” Kata Agus Lahida dalam pemaparannya, Kamis (12/4/2018) di Aula Diklat RSUD sementara Konawe.

Dijelaskannya, konsep ini sendiri lahir dari inovasi RSUD dalam berbenah diri guna melahirkan pelayanan yang mumpuni. Diharapkan dengan konsep ini, RSUD Konawe bisa menjadi rujukan regional terbaik di Sultra.

“Tantangan terbesar dari adanya RSUD megah ini adalah kesiapan SDM untuk melahirkan pelayanan yang terbaik, sehingga konsep pelayanan terpadu ini menjadi jembatan kita untuk ke sana.” Ujarnya.

Dirinya pun mengakui, jika kendala atau keluhan yang selama ini muncul telah menjadi pelajaran untuk pelayanan ke depan. Sehingga belajar dari kesalahan itu, konsep ini diharapkan bisa menjadi solusi.

“Beberapa sistem nanti akan lebih memudahkan, misalnya bagi data pasien itu akan terintegrasi langsung dengan RS sehingga saat sampai pasien tinggal dirawat karena data-data yang dimasukkan saat di Puskesmas itu otomatis masuk di RS.” katanya.

“Selanjutnya untuk yang rawat jalan itu kita akan sediakan informasi yang lebih jelas, misalnya berapa biaya perawatan dan biaya obat-obatan. Secara garis besar, informasi akan terbuka lebar sehingga pasien bisa lebih paham.” Katanya lagi. (Red)