Beranda Kampung Sultra Buka Expo Gemilang, Gubernur Puji Konawe: Tumpuan Pangan Sultra

Buka Expo Gemilang, Gubernur Puji Konawe: Tumpuan Pangan Sultra

386
Gubernur Sultra, H.Ali Mazi, bersama Bupati Konawe Kery Saipul Konggoasa dan Wabup Gusli Topan Sabara saat meresmikan Konawe Expo dirgahayu Kab. Konawe yang Ke 60

UNAAHA, – Expo Konawe Gemilang 2020 yang dipusatkan di lapangan Bumi Perkemahan Sulemandara, Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe, resmi dibuka Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, Sabtu (29/02/2020).

Kedatangan Gubernur dan rombongan disambut dengan tarian tradisioanal Mondotambe yaitu sebuah tarian kas suku tolaki dalam menyambut tamu agung. Hadir dalam rombongan Kapolda Sultra, Wakapolda Sultra, Ketua IMI Sultra, Dandim 1417 kendari dan Komunitas otomotif se-Sultra.

Dalam sambutannya, Ali Mazi mengatakan, perayaan HUT Konawe merupakan momentum bagi seluruh jajaran pemerintah daerah dan masyarakat Konawe untuk mengevaluasi perjalanan yang telah dilalui hingga saat ini. Berkaca ke belakang dan melihat upaya yang telah dilaksanakan pemerintah dan segenap elemen masyarakat Konawe, sesungguhnya Konawe telah berkontribusi positif bagi pembangunan di Sultra.

Disisi lain Konawe merupakan basis tumpuan persediaan pangan Sultra. Sehingga ia meminta agar menjaga lumbung pangan Sultra agar tetap produktif. Memastikan pembangunan yang dilakukan adalah dalam rangka mendukung aktifitas pertanian masyarakat Konawe. Pemprov pun akan terus memberikan dukungan stimulan pembangunan bagi masyarakat Konawe sesuai dengan potensinya.

“Saya sangat mendukung perogram pemerintah Kabupaten konawe yang mencanangkan program sejuta ton beras, program sejuta ekor sapi dan program seribu kolam. Perogram ini harus kita kawal bersama agar berjalan sukses dan menjadikan Kabupaten Konawe bukan hanya menjadi sentra pangan Sultra namun dapat menjadi salah satu sentra produksi pangan nasional,” kata Ali Mazi.

Bupati Konawe, Kery Saipul Konggoasa saat memberikan Sambutan pembukaan Konawe Expo
Bupati Konawe, Kery Saipul Konggoasa saat memberikan Sambutan pembukaan Konawe Expo

Dalam kesempatan ini juga Ali Mazi yang didampingi Forkopimda Sultra, Bupati dan Wakil Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dan Gusli Topan Sabara menyerahkan secara simbolis 8.400 Prona Sertipikat 2019 program pemerintah pusat, serta 1000 ekor bantuan sapi dari Pemerintah daerah (Pemda) Konawe.

Ali Mazi pun memuji peran Konawe yang telah banyak berkontribusi untuk Sultra, dengan menjadi basis tumpuan pangan Sultra. Ia berharap agar warga Konawe dan pemerintahnya tetap produktif dalam menjaga eksistensi pangan.

“Beberapa waktu lalu, kita telah coba menanam bibit Trisakti di Konawe. Hasilnya sangat luar biasa. Dalam satu hektar itu bisa mencapai 11,8 ton. Dengan kesuksesan ini, nanti kita akan sebarkan bibit-bibit ini ke wilayah Sultra lainnya,” terangnya.

Ali Mazi juga menyinggung bahwa Konawe adalah imperium kebudayaan suku Tolaki. Pemda Konawe bertanggungjawab untuk menjaga kelestarian budaya tersebut.

Menurutnya, Konawe adalah wonuano Kalosara. Dalam dimensi manapun, Kalosara akan tetap menjadi acuan masyarakat Tolaki.

“Jagalah adat istiadat yang merupakan warisan leluhur. Kalosara sebagai simbol pemersatu di daerah ini harus tetap dijaga. Kalosara harus tetap ada dan tidak lekang oleh waktu,” kata Ali Mazi.

Diwaktu yang sama pula, Bupati Konawe, Kerry Saiful Konggoasa menuturkan, di usia yang lebih setengah abad, kabupaten Konawe untuk terus berbenah dan bersaing dengan kabupaten lain yang ada di Sultra.

Penyerahan Prona Sertipikat Tanah secara simbolis oleh Gubernur Sultra, H. Ali Mazi
Penyerahan Prona Sertipikat Tanah secara simbolis oleh Gubernur Sultra, H. Ali Mazi

“Kita harus terdepan tidak usah berdebat mari kita sama-sama satukan persepsi untuk majukan negeri tanah para leluhur kita yang kita cintai ini,” katanya.

“Saya dan pak wakil selalu berpikir untuk bekerja semaksimal mungkin untuk perubahan masyrakat Konawe menuju Konawe gemilang tanpa ada diskriminasi, semoga Konawe semakin jaya selalu. Dan terimakasih atas kehadiran gubernur sultra ali masi dan jajaran Forkompinda di tanah kerinduan negeri Para leluhur,” tutupnya.

Tak lupa, Kery menyampaikan segala capain yang diraih saat memimpin Konawe bersama Gusli Topan Sabara. Terbaru, ia mengungkap pertumbuhan ekonomi meningkat hingga menghampiri dua digit (9,20persen) dan tertinggi di Sultra. Angka ini merupakan angka tertinggi sejak Kery menakhodai Kabupaten Konawe.

“Alhamdulillah, pendapatan perkapita masyarakat kita meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi kita. Ini bukan kata saya tetapi kata Badan Pusat Statistik Konawe,” ujarnya.

Untuk diketahui, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Konawe tertinggi diantara 17 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara (Sultra). Pada tahun 2019, ekonomi Konawe bertumbuh di angka 9,2 persen. Meningkat 1,76 persen dari tahun 2018 yang hanya mampu menembus angka 7,44 persen.

Selanjutnya, Gubernur Sulawesi Tenggara H.Ali Mazi,SH., didampingi Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara,ST.MM., serta pejabat lainnya, melakukan rangkaian gunting pitah yang menandakan acara Konawe Expo Ke- 60 dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun kabupaten Konawe, secara resmi dibuka untuk umum. (Red)