Beranda Lainnya Lipsus Bupati Konawe Terima Sertifikat Akreditasi Paripurna Bintang 5 BLUD RS Konawe

Bupati Konawe Terima Sertifikat Akreditasi Paripurna Bintang 5 BLUD RS Konawe

44
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat menerima sertifikat akreditasi BLUD RS Konawe yang diserahkan oleh Ketua Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS), Dr. dr. Sutoto.

JAKARTA – Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa menerima Sertifikat Akreditasi Paripurna Bintang 5 versi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi 1 2018 untuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit (RS) Konawe.

Penyerahan ini berlangsung di Kantor Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Kawasan Rasuna Empisentrum Jakarta Selatan, Senin (15/07/2019) ditemani Direktur BLUD RS Konawe, dr. Agus Lahida dan sejumlah pejabat lainnya.

Sertifikat tersebut diserahkan Dr dr. Sutoto selaku Ketua eksekutif KARS dan diterima langsung Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa.

“Saya serahkan sertifikat akreditasi paripurna bintang lima untuk BLUD RS Konawe. Selamat ya pak Bupati,” katanya saat menyerahkan.

Sementara itu, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengaku bangga atas pencapaian BLUD RS Konawe. Ia berjanji akan terus mendukung dan menyokong peningkatkan pelayanan di BLUD RS Konawe.

“Sebagai bupati saya sangat bangga, apalagi kita menjadi yang pertama diakreditasi dengan versi terbaru. Saya berjanji, Pemda Konawe akan meningkatkan pelayanan di BLUD Konawe,” katanya.

Selain itu, politisi PAN ini juga berjanji akan meningkatkan dan menambah fasilitas kesehatan untuk menunjang kinerja dokter, seperti akan ada tambahan alat hemodialisa atau cuci darah dan CT Scan.

“Kita butuhkan dokter ahli, tidak ada lagi orang Konawe sakit ke Makassar apabila sudah ada dokter ahli ini. Kita akan tambah semua, secepatnya itu segera direalisasikan,” ujarnya.

Sementara itu Dirut BLUD RS Konawe, dr Agus Lahida juga mengaku bersyukur atas pencapaian pencapaian prestasi ini. Menurut dia, prestasi tersebut tidak akan terwujud bila bukan bantuan dari Bupati dan Wakil Bupati Konawe.

“Alhamdulillah kita Paripurna Bintang lima ya, ini prestasi yang luar biasa. Ini adalah bagian dari dukungan Bupati Konawe dan Wakil Bupati serta jajarannya,” kata dr Agus.

Pria berkacamata ini juga menilai, pencapaian prestasi tersebut berkat dukungan tim Akreditasi yang sudah bekerja luar biasa dan mencurahkan seluruh tenaganya untuk mensukseskan akreditasi ini serta dukungan tenaga dokter spesialis juga masyarakat yang terlibat langsung.

Akreditasi ini, kata dia dipersembahkan juga untuk masyarakat yang sudah dengan kepercayaan ikut mendukung program BLUD dalam mencapai target akreditasi dengan menaati aturan yang diterapkan oleh pihak BLUD.

“Contoh dukungan masyarakat misalnya tidak merokok lagi di RS, tidak membuang sampah sembarang. Dan masyarakat melakukan semuanya, mereka membantu. Jadi di RS itu bukan merubah RS saja tetapi merubah kebiasan dan sikap masyarakat,” tukas dia.

Dalam acara ini juga berlangsung penyerahan serifikat Akreditasi RS dari beberapa daerah lainnya.

Sebelumnya, BLUD RS Konawe melakukan proses akreditasi pada 24 – 27 Juni 2019 dan menerima pengumuman hasil akreditasi pada 30 Juni 2019 lalu.

Direktur BLUD RS Konawe, dr. Agus H. M. Lahida menjelaskan, akreditasi yang diraih Konawe merupakan versi akreditasi terbaru yang memiliki 16 bab penilaian, dengan 338 Standar Penilaian, dan 1354 Elemen Penilaian.

Akreditsi versi ini untuk di Sultra, hanya ada dua rumah sakit yang terakreditasi dengan versi ini, yakni RS swasta Siloam Bau-bau dan BLUD RS Konawe.

“Dari 16 penilaian ini, kami berhasil mendapatkan poin rata-rata 80 ke atas di tiap bab penilaian ini sebagai syarat untuk bisa paripurna,” jelas dr. Lahida dalam konfrensi persnya, di aula BLUD RS Konawe Rabu (3/7/2019).

Penyerahan sertifikat akreditasi BLUD RS Konawe oleh Ketua KARS, Dr. dr. Sutoto.

Menurut dr. Lahida, akreditasi paripurna bintang 5 BLUD RS Konawe ini akan berlangsung hingga 2022  dimana akan dilakukan survei tiap tahunnya sebelum akhirnya dilakukan proses reakreditasi.

dr. Lahida menerangkan, adapun dampak positif dari akreditasi paripurna ini meliputi peningkatan mutu pelayanan rumah sakit dan keselamatan pasien, menjadi rujukan nasional dan perpanjangan kerjasama dengan BPJS sebagai syarat harus terakreditasi.

“Artinya hasilnya ini kembali untuk masyarakat, dengan pengakuan ini, masyarakat sudah bisa merasakan pelayanan bintang lima seperti di rumah sakit kota besar tanpa harus kesana, kenapa? karena kita sudah mendapat pengakuan bahwa pelayanan kita sudah setara dengan mereka,” terangnya.

Untuk diketahui, akreditasi ini dipimpin Iangsung Direktur BLUD RS Konawe, dr. Agus Lahida, serta di dampingi dr. Hilma Yuniar Thamrin, sebagai Ketua Tim Akreditasi BLUD RS Konawe.

Selain itu, persiapan akreditasi ini telah dilaksanakan sejak tahun 2014. Namun karena berbagai kendala sehingga menyebabkan keseriusan memulai akreditasi barulah dimulai sejak Gedung BLUD Konawe yang baru digunakan.

Sebelum final survei pemantapan kegiatan akreditasi, BLUD RS Konawe telah mengikuti berbagai kesiapan, seperti bimbingan langsung dari KARS oleh Rumah Sakit Sangla Bali hingga melakukan Survei Simulasi (SURSIM) dari KARS.

Akreditasi ini tidak lepas dari peran Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe yang begitu berpengaruh atas hasil akreditasi ini dan mendukung penuh segala upaya peningkatan layanan di BLUD RS Konawe, diantaranya dengan membangun gedung RS Konawe yang baru dengan fasilitas yang lengkap sehingga menjadi salah satu faktor penilaian penting dari akreditasi ini.

“Peran Pemda begitu besar, diantaranya keputusan pemerintah untuk membangun gedung layak. Kalau memakai gedung lama kita jelas masih banyak kendala, tapi akhirnya kita bisa wujudkan akreditasi ini di gedung baru ini yang sudah lengkap dari sisi fasilitas,” ujarnya. (Red)