Beranda Lainnya Lipsus Desa Puundombi Buat Tersier Sepanjang 1 KM, Permudah Akses Air Petani

Desa Puundombi Buat Tersier Sepanjang 1 KM, Permudah Akses Air Petani

203
Proses pembangunan saluran air tersier sepanjang 1 kilo meter lebih yang dipantau langsung Kepala Desa Puundombi, Safruddin.

UNAAHA, – Dalam rangka memperlancar arus air menuju lahan pertanian, Pemerintah Desa (Pemdes) Puundombi, Kecamatan Tongauna Utara, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan pembangunan saluran air tersier sepanjang 1 kilo meter lebih.

Pembangunan tersebut, dibiayai dari bantuan  Dana Desa tahap I tahun anggaran 2021, dengan total anggaran sebesar Rp.86  juta. Pengerjaannya dilakukan secara swakelola yang melibatkan masyarakat setempat. Proses pengerjaan sesuai rencana akan rampung dalam jangka 100 hari kedepannya.

Kepala Desa Puundombi, Safruddin menyebutkan, dengan pembangunan saluran air tersebut, diharapkan seluruh lahan pertanian di desanya yang mencapai sekitar 70 Hektar tidak akan lagi kekurangan air saat musim kemarau tiba. Sehingga para petani dapat dengan baik dan maksimal dalam mengelola lahannya, karena kebutuhan air selama ini sering menjadi kendala.

“Ke depan Insya Allah berkat adanya pembangunan saluran irigasi tersier ini, seluruh lahan pertanian dapat terairi dengan baik dan merata, mulai dari hulu sampai hilir. Mudah-mudahan akan mampu mendongkrak semangat dan dapat meningkatkan penghasilan petani yang akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan mereka,” tuturnya.

Safrudin, tidak memungkiri jika air merupakan kebutuhan penting dan menyangkut kebutuhan masyarakat banyak. Maka pihaknya beserta elemen masyarakat menjadikan prioritas pembangunannya, agar program pembangunan fisik yang dilakukan benar-benar dapat dirasakan manfaatnya.

“Bukan berarti yang lainnya tidak penting, hanya karena terbatasnya anggaran perlu memilah yang mana yang harus didahulukan dan mendesak untuk segera diwujudkan. Program-program yang lainnya juga tetap akan kami garap secara bertahap dan berkesinambungan,” terangnya.

Selain itu, Safruddin menambahkan pembangunan Saluran tersier merupakan salah satu wujud Pemdes Puundombi dalam ikut menyukseskan program sejuta ton beras yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe.

“Proyek ini merupakan salah satu upaya meningkatkan hasil produksi pertanian di Konawe, sesuai apa yang diprogramkan bapak Bupati Kery Saiful Konggoasa. Harapan kami dengan adanya pembangunan saluran ini, semoga hasil pertanian Desa Puundombi dapat lebih meningkat dan dapat menunjang peningkatan kesejahteraan petani,” tutupnya. (*)