Beranda Kampung Politik Desember, KPU Bakal Evaluasi Anggota PPK dan PPS

Desember, KPU Bakal Evaluasi Anggota PPK dan PPS

80
Komisioner KPU Konawe, Andang Masnur
Komisioner KPU Konawe, Andang Masnur

KONAWE, – Berakhir di bulan Desember 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe bakal mengevaluasi kinerja Panitia Pemilihan maupun Panitia Pemungutan di tingkat kecamatan dan kelurahan.

Batas akhir masa tugas para penyelengara di KPU ini didasarkan pada surat KPU Republik Indonesia (RI) nomor 971. Disebutkan, masa tugas penyelenggara dari tahun 2017 lalu ini akan berakhir di Desember.

Mengenai ada tidaknya perubahan dalam susunan penyelenggara, Komisioner KPU Konawe Divisi Parmas dan Sumber Daya Manusia (SDM), Andang Masnur menerangkan, belum ada kepastian dari pimpinan tertinggi mereka.

“Kita masih menunggu arahan, apakah pergantian atau hanya sebatas evaluasi. Kita belum tahu karena belum ada perintah,” ujar Andang Jum’at (12/10/2018).

Namun, satu hal yang dapat dipastikan, kata Andang adalah adanya penambahan anggota PPK. Jika sebelumnya hanya 3 komisioner kini akan ditambah menjadi 5 komisioner. Hal Ini berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA) terkait sengketa anggota KPU daerah dan PPK di Pemilu 2019.

Sehingga, terang Andang, pihaknya akan menunggu petunjuk teknis yang akan dikeluarkan KPU RI apakah akan merekrut anggota baru atau mengevaluasi penyelenggara sebelumnya.

Meski belum ada kepastian soal rekrutmen PPK, Andang mengungkapkan, kini bersama komisioner lainnya sudah mulai memonitoring kinerja masing-masing anggota PPK, jika kemudian diputuskan untuk evaluasi, maka bahan pertimbangan mereka telah ada.

“Yang pasti saat ini kita masih monitoring kinerja mereka. Kalau nanti petunjuknya evaluasi maka sudah ada hasilnya, jika merekrut maka sudah ada juga pertimbangannya,” tutup Andang. (Red)