Beranda Ibu Kota Disdukcapil Kota Kendari Kekurangan Blanko e-KTP

Disdukcapil Kota Kendari Kekurangan Blanko e-KTP

344

Ibu Kota
Kendari, – Tak hanya di Kota lain yang mengalami kekurangan stok blanko e-KTP, Kota Kendari ternyata mengalami hal serupa.

Hal tersebut di sampikan langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari, Halili,  bahwa stok blanko e-KTP di instansi yang dipimpinnya itu sangat minim.

Dari 15 ribu blanko Sebab, yang diusulkan ke Pemerintah pusat, hanya sekitar 2000 lembar saja yang direalisasikan

“Pada Tanggal 26 September lalu, kami sudah ke Jakarta untuk menyampaikan permintaan blanko sebanyak 15000, ini untuk kebutuhan sampai Desember mendatang, tapi rata-rata Kabupaten Kota hanya di kasih berkisar 2000 saja,” ujarnya.

Karena  kekurangan blanko pihak Disdukcapil Kota Kendari akan memprioritaskan lebih dulu masyarakat yang sudah melakukan perekaman dari 2015 hingga 2016 lalu.

Selain itu bagi warga yang kehilangan e-KTP tetap akan dilayani pembuatan barunya, namun ada beberapa prosedur yang harus dilaksanakan bagi warga yang ingin mencetak ulang e-KTP

Adapun prosedurnya, kata dia, pemilik KTP harus melaporkan kehilangan tersebut pada kepolisian, kemudian diberikan keterangan hilang dari polisi. Karena dokunem KTP saat ini merupakan kebuthan vital.

Halili juga menyayangkan sikap acuh tak acuh dari masyarakat, yang menganggap remeh identitas kependudukan tersebut. Terkadang, baru melakukan perekaman apabila sudah mendadak untuk mengurus sesuatu.

“Masih banyak juga masyarakat yang tidak mau melakukan perekaman. Nanti kalau sudah mendadak butuh untuk mengurus sesuatu, baru mi mereka datang buru-buru. Ini mi juga mentalnya masyarakat kita,” keluhnya. (KS/Fd)