Beranda Lainnya Lipsus DPRD Konawe Sosialisasi Aplikasi Layanan Penerimaan Aspirasi Masyarakat

DPRD Konawe Sosialisasi Aplikasi Layanan Penerimaan Aspirasi Masyarakat

68

UNAAHA, – DPRD Konawe di bawah kepemimpinan Sekretaris Dewan (Sekwan), Sumanti, S.Sos., M.Si terus berbenah dalam upaya peningkatan mutu pelayanan bagi masyarakat. Penyampaian dan penerimaan aspirasi ditangan Sumanti kini dibuat lebih praktis dan moderen.

DPRD Kabupaten Konawe melalui program perubahan atau inovasi resmi meluncurkan Aplikasi Aspirasi Jaman Now, Selasa (18/8/2020). Aplikasi ini berfungsi sebagai wadah masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan anggota dewan dalam menerima aplikasi secara praktis.

Program ini sendiri adalah bagian dari penyelesaian Program Kepemimpinan Nasional (PKN) tingkat II Lembaga Administrasi Negara (LAN) angkatan VIII Makassar sebagai inovasi yang dilahirkan Sumanti selama menjadi Sekwan.

Melalui aplikasi ini, diharapkan penyampaian dan respon aspirasi bisa dilakukan para legislator lebih cepat karena masing-masing anggota dewan akan menerima pemberitahuan di aplikasi dewan sesuai kategori Daerah Pemilihan (Dapil) dan pokok permasalahan yang disampaikan.

“Karena terkadang penanganan aspirasi dari masyarakat luas di DPRD kadang lambat kadang seminggu hingga tiga minggu atau berbulan-bulan, semua ini karena masih dilakukan masih manual. Makanya dengan aplikasi ini semua bisa lebih mudah,” kata Sumanti.

Adapun sistem kerja aplikasi ini dijelaskannya, setiap masyarakat yang ingin menyampiakan aspirasi maka diharuskan mendaftar di aplikasi itu dengan menyertakan data diri dan lembaganya. Setelah itu akan otomatis disampiakan ke pihak-pihak yang terhubung dengan masalah yang disampaikan.

Aplikasi ini juga sudah terpadu termaksud terhubung dengan beberapa instansi yang akan dimintai pendapat atas aspirasi yang disampaikan.

Dengan aplikasi ini, masyarakat diharapkan tidak lagi menyampaikan aspirasi secara terbuka namun cukup melalui aplikasi Aspirasi Jaman Now ini.

Sumanti menambahkan, selain sebagai wadah penyampaian aspirasi, di lingkup dewan aplikasi ini juga akan berfunsi sebagai media penyebaran informasi internal lembaga, semisal jadwal rapat dan lainnnya. (Red)